Saturday, October 19

Wow, 300 Hektar Lahan Bisnis di Pulomas Siap Dikembangkan Jakpro

JAKARTA – PT Jakarta Propertindo (Jakpro), BUMD milik pemprov DKI Jakarta akan membangun sinergi dengan BUMN dan BUMD lainnya untuk mengembangkan lahan seluas 300 hektar di kawasan Pulomas, Jakarta Timur. Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto, mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari transformasi perusahaan untuk merespon potensi pasar.

Perusahaan, lanjutnya, telah memiliki anak usaha bernama PT Pulomas Jaya yang akan mengelola dan mengembangkan 300 ha lahan di Pulomas. Bedasarkan total luas lahan itu, 100 ha diantaranya merupakan zona ungu untuk komersial.

“Lahan itu lebih besar dari SCBD dan Senayan. Kami sedang diskusikan baik dengan Wika, Adhi Karya ataupun PP. BUMN/BUMD ini ibarat gula banyak semut: Yang datang padahal dulunya apalah itu BUMD,” katanya Minggu (12/8/2018).

Dwi menekankan proyek ini tidak akan menggunakan Penyertaan Modal Daerah (PMD) yang telah digelontorkan oleh Pemprov DKI. Mereka akan membuat desain superblok ini untuk ditawarkan kepada investor yang berminat. Dengan demikian, nantinya Jakpro juga akan memperoleh pemasukan dari pendapatan berulang (recurring income).

Menurutnya, pada kuartal akhir tahun ini, perusahaan akan terlebih dahulu meluncurkan lahan komersial 3 ha dengan estimasi kebutuhan pendanaan sekitar Rp850 miliar.

Selain itu, tambah dia, optimalisasi pengembangan proyek ke depannya akan didukung oleh lini usaha perusahaan lainnya, yaitu Jakarta Konsultindo. Anak usahanya ini akan bergerak mencari lanbank baru yang potensial.

“Kami juga harus pikirkan membuat building capacity. Kalau sudah mengoptimalkan landbank ya harus cari lahan di lainnya. Memangnya BUMD nggak boleh bergerak di luar wilayah, seperti Medan, Surabaya, Jawa Tengah? Itu yang kami diskusikan,” tekannya. (WP)

(Visited 32 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: