Thursday, July 18

Rp95 T Anggaran Swasta untuk Ibukota RI Baru

Total anggaran yang diestimasi Bappenas untuk pemindahan ibukota negara yang baru sebanyak Rp466 T. Dari pihak swasta diharapkan akan ada kontribusi dengan estimasi nilai sebesar Rp95T.
Kota Palangkaraya, calon Ibukota RI yang baru yang akan dibangun dengan anggaran lebih dari Rp400 T. (Foto: Jawa Pos)

JAKARTA-Wartaproperti.com: Pemerintah RI dalam pemindahan ibukota negara membutuhkan anggaran tidak kecil. Juga, partisipasi dari berbagai pihak. Termasuk juga dari segi pembiayaan. Pemerintah telah menata skema pembiayaan itu. Termasuk, estimasi pembiayaan fisik ibu kota negara khusus untuk swasta.

Baca juga: Ditunggu Berapa Harga Rumah Bersubsidi 2019

“Skema pembiayaan pemindahan ibu kota terdiri dari empat bagian yakni APBN, BUMN, KPBU, serta Swasta untuk membangun perguruan tinggi, sarana kesehatan, MICE, Science Technopark,” tutur Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang S.P. Brodjonegoro di Jakarta awal pekan ini sebagaimana dikutip bisnis.com.

Anggaran pemerintah dari APBN Rp30,6 T yang disiapkan tentu saja untuk pengadaan lahan. Lahan ini dibutuhkan untuk membangun pusat pemerintahan yang baru. Diantaranya Istana Negara juga ruang terbuka hijau.

Baca juga: Enam Propinsi Ini Mendapat Perhatian Khusus Jokowi

Sedangkan anggaran yang bersumber dari KPBU atau kerjasama pemerintah dan badan usaha, sebesar Rp340,6 T digunakan untuk pembangunan gedung legistlatif, eksekutif, dan yudikatif. Juga, sarana pendidikan SD, SMP, dan SMA. Juga, rumah dinas ASN dan TNI POLRI, sarana kesehatan, lembaga permasyarakatan serta sarana dan prasarana seperti jalan, listrik, air, drainase, dan pengolahan limbah. (Marlo KR)

(Visited 4 times, 4 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: