Sunday, September 22

IMB Pulau Reklamasi, Dalih Anies Kepastian Hukum

Gubernur Anies Baswedan menerbitkan IMB untuk bangunan di pulau hasil reklamasi. Ia ingin memberikan kepastian hukum. Namun, dasar hukumnya adalah pergub yang dikeluarkan Ahok.
Gubernur Anies Baswedan di Pulau Reklamasi (Foto: kumparan.com)

JAKARTA-Wartaproperti.com: Gubernur DKI Anies Baswedan memang memenuhi janji kampanyenya. Ia sudah menghentikan megaproyek reklamasi di Teluk Jakarta. Namun, ia juga diketahui menerbitkan IMB untuk bangunan di Pulau D atau di kawasan Pantai Maju.

Anies mengaku, penerbitan ijin untuk mendirikan bangunan atas bangunan di lahan reklamasi berbeda dengan reklamasi itu sendiri.

Baca juga: PP Properti Catat Pendapatan Rp1.18 T

“IMB ini bukan soal reklamasi jalan atau berhenti, tapi IMB adalah soal izin pemanfaatan lahan hasil reklamasi dengan cara mendirikan bangunan,” katanya. Ia menjelaskan ini beberapa saat setelah informasi ini terkuak ke publik, awal pekan ini.

Diketahui, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengeluarkan IMB atas 932 bangunan di atas lahan kawasan Pantai Maju.

Anies menjelaskan, penerbitan IMB 932 bangunan tersebut dikeluarkan berlandaskan pada Peraturan Gubernur (Pergub) No. 121/2012. Pergub itu berisi tentang Penataan Ruang Kawasan Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Juga, Pergub No. 206/2016 tentang Panduan Rancang Kota Pulau C, D, dan E Hasil Reklamasi Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.

Baca juga: Sertifikat Pulau C dan D Diserahkan ke Pemprov DKI

Atas dasar itu, Anies meyakini tidak bisa melakukan penggusuran terhadap bangunan yang terlanjur dibangun. Sekalipun izin reklamasi sendiri sudah dihentikan sejak 26 September 2018.

“Bila saya mencabut Pergub itu, agar bangunan rumah tersebut kehilangan dasar hukumnya. Lalu membongkar bagunan tersebut maka yang hilang bukan saja bangunannya tapi kepastian atas hukum juga jadi hilang,” tutur Anies. (Marlo KR)

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: