Saturday, October 19

Apartemen Tapak Cocok untuk Milenial

Di luar negeri dikenal sebagai apartment house atau disingkat aparthouse. Properti jenis ini cocok dikembangkan di tengah kota, praktis, harganya relatif terjangkau dan sesuai dengan gaya hidup milenial.
Apartemen Tapak dengan desain yang mirip apartemen (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Wartaproperti.com: Kalau apartemen, pastinya menjulang dan tidak menapak di tanah. Kalau rumah, kebanyakan kita sudah paham jika hunian ini menapak di tanah. Lantas bagaimana dengan aparthouse atau dapat diterjemahkan dengan Bahasa Indonesia sebagai apartemen tapak?

Seiring dengan semakin mahalnya harga tanah di pusat kota seperti Jakarta, pengembang pun kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Jumlah tanah yang belum dibangun pun semakin terbatas. Properti jenis apartemen memang sudah hadir dimana-mana, hanya bagaimana dengan mereka yang enggan tinggal di apartemen lantaran tidak bisa memiliki lahan tempat hunian itu dibangun?

Namanya juga apartemen tapak. Ini inovasi yang belakangan mulai diperkenalkan di Indonesia. Di Jakarta sudah hadir beberapa proyek di kawasan Pejaten, Lebak Bulus dan beberapa wilayah lain. Jenis hunian ini sangat efisien dalam memanfaatkan lahan yang terbatas, namun privaci tetap terjaga, gaya hidup sudah tentu, lokasi pun strategis di tengah kota.

Anda mungkin kaget ketika mendapatkan jenis properti ini hanya memiliki luas tanah 4 x 3,5 meter saja. Tapi tunggu dulu, luas properti yang ditawarkan tentu berbeda. Di atas lahan seluas itu, pengembang dapat membangun hunian seluas 40 m2. Ada juga yang menawarkan dengan ukuran yang lebih besar.

Seperti Puri Kemang yang menawarkan dua ukuran, 5 x 3 meter luas tanah, dengan luas bangunan 45 m2. Juga, 3,5 x 6,2 meter dengan luas bangunan 80 m2. Kedua-duanya dibangun 3 lantai.

Rerata hunian jenis ini dijual dengan harga mulai Rp900 juta, dari ukuran yang paling kecil. Rasanya cukup rasional harga ini lantaran desain dan kwalitas bangunannya pun setara dengan apartemen menengah. (Marlo KR)

(Visited 25 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: