Friday, November 15

Enam Propinsi Ini Dapat Perhatian Khusus Jokowi

Presiden Jokowi akan memonitor langsung perkembangan dan usulan pembangunan dari para gubernur itu. Sehingga, respon para menteri untuk enam propinsi itu akan dimonitor.
Presiden Jokowi dan salah satu gubernurdari 6 propinsi yang mendapat perhatian khusus (Foto: Pos Kupang)

JAKARTA-Wartaproperti.com: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimoeljono mengatakan, Presiden Jokowi akan memberikan perhatian khusus bagi pembangunan di enam propinsi. Yakni, Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara dan Papua. Ia mengatakan itu usai menggelar rapat bersama Jokowi, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (17/6) sebagaimana dikutip CNN Indonesia.

Hadir dalam rapat itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Juga, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. 

Baca juga: 2019 Pasang Listrik Gratis Bagi Warga Tidak Mampu

Kata Basuki, Presiden memonitor langsung usulan pembangunan dari masing-masing gubernur, walikota dan bupati semua daerah. Ia sudah melakukan pertemuan dengan mereka. Sedangkan, rapat dengan para menteri kemarin adalah tindak lanjut dari pertemuan itu.

“Beliau memonitor proses yang diusulkan pak gubernur, bupati dan wali kota yang di Jateng, Jatim, Sulut, Bali, NTT, dan Papua,” papar Basuki. 

Dari Papua, Gubernur Lukas Enembe mengusulkan pembangunan fasilitas olahraga dalam rangka menyongsong Pekan Olahraga Nasional 2020 yang akan dihelat di propinsi itu.

Baca juga: Jokowi Bukan Orang Pertama yang Sebut Palangkaraya

Sementara, Jawa Tengah dan Jawa Timur, pemerintahnya mengusulkan adanya penunjang investasi dengan membangun pintu keluar tol baru di Magetan dan Ngawi. Di kawasan ini akan ada kawasan-kawasan industri baru. Juga, pembangunan Tol Semarang-Demak diharapkan akan menunjang pengembangan kawasan industri itu. Juga usulan pembangunan jalan menuju pelabuhan di Kendal mengingat di sana terdapat Kendal Industri Park. 

Basuki membantah jika penentuan 6 propinsi ini terkait dengan perhitungan suara Pilpres baru lalu. Pasalnya di propinsi-propinsi ini Jokowi menang dengan perolehan suara yang signifikan. (Marlo KR)

(Visited 21 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: