Thursday, July 18

Khofifah ke Jokowi, Jatim Minta LRT dan MRT

Jawa Timur adalah satu dari enam propinsi yang diperhatikan secara khusus oleh Jokowi. Gubernur Khofifah pun segera meminta agar dibangunkan LRT dan MRT.
Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Presiden Jokowi bersama Ibu Negara dan wagub (Foto: Liputan6.com)

JAKARTA-Wartaproperti.com: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa benar-benar memanfaatkan kesempatan emas. Pasca ditetapkannya Jawa Timur (Jatim) sebagai satu dari enam propinsi yang mendapat perhatian Jokowi, ia langsung bergerak cepat. Pihaknya langsung mengajukan pembangunan sejumlah moda transportasi.

Baca juga: Enam Propinsi Ini Dapat Perhatian Khusus Jokowi

Ini untuk mengoneksi wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusila). Moda transportasi yang akan dibangun, antara lain kereta api lokal (komuter), Lintas Raya Terpadu (LRT), serta Moda Raya Terpadu (MRT). 

“Kami butuh konektivitas terutama dari public transportation. Kalau di Jakarta sudah ada tiga ring, lalu sekarang empat ring ada MRT. Kebetulan di Gerbangkertosusila termasuk Surabaya belum ada ring-nya,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (18/6). 

Baca juga: Tip Penting untuk Penyewa Rumah dan Apartemen

Adanya transportasi ini akan membuat Surabaya semakin terkoneksi dengan kota-kota kecil di sekitarnya dalam radius 100 km. Dengan begini, Surabaya pun berpeluang menjadi kota megapolitan. Rencana itu saat ini sudah masuk dalam rancangan peraturan presiden (Raperpres) tentang Gerbangkertosusila. 

Ia mengaku sudah mendiskusikan hal ini dengan Presiden Joko Widodo. Saat ini Gerbangkertosusila sudah terhubung dengan kereta komuter.
Jokowi pun mengusulkan agar lebih dulu menambah gerbong komuter. Menurut Jokowi, biaya pembangunan LRT dan MRT cukup mahal.  (Marlo KR)

(Visited 6 times, 6 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: