Thursday, July 18

2021 Konstruksi Fisik Ibukota Baru Dimulai

Hampir pasti Ibukota RI yang baru berlokasi di Kalimantan. Pemerintah merencanakan konstruksi fisik akan mulai dibangun pada 2021.
Konstruksi fisik Ibukota RI yang baru akan dimulai 2021, kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (Foto: Antara)

JAKARTA-Wartaproperti.com: Anggaran untuk pemindahan Ibukota Negara diperkirakan akan masuk dalam APBN pada tahun 2020. Pasalnya, pada tahun 2021 konstruksi fisik ibukota baru itu mulai dikerjakan. Demikian disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang S.P. Brodjonegoro di Jakarta hari ini (18/6/2019).

Baca juga: Rp95T Anggaran Swasta untuk Pembangunan Ibukota RI Baru

Sambil menyebutkan lokasi ibu kota baru hampir pasti berada di Kalimantan, ia mengatakan anggaran tahun depan baru sebatas penyiapan desain dan masterplan ibu kota baru. Sementara itu, konstruksi fisik mulai dikerjakan 2021.

“Kalau 2021 sudah mulai konstruksi, kami harapkan pemindahan ibu kota bisa dilaksanakan bertahap dan 2024 ibu kota sudah mulai dipindahkan,” tutur Bambang.

Bambang tidak menyangkal ketika ditanyakan, apakah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur sebagai calon kuat ibu kota baru. Menurut dia, Bappenas masih terus mengkaji hal ini.

Baca juga: Mengajukan KPR Saat Banyak Tagihan, Jangan!

Kalimantan Timur sebagaimana kajian Bappenas, memiliki ketersediaan air bersih tinggi. Infrastruktur pun memadai, serta bebas gempa bumi dan kebakaran hutan. Apalagi, struktur masyarakatnya heterogen, sehingga potensi konflik sosial terbilang minim. Hanya saja, Kalimantan Timur masih rawan banjir.

Sementara itu, Kalimantan Tengah terbebas dari banjir dan gempa bumi. Namun, ketersediaan tanah airnya terbatas dan struktur lahannya didominasi lahan gambut yang rawan kebakaran. Yang paling terpenting, potensi konflik sosial di Kalimantan Tengah cenderung tinggi karena tipe masyarakat yang homogen. (Marlo KR)

(Visited 3 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: