Thursday, July 18

Skema KPR khusus Milenial Digodok KemenPUPR

Kementerian PUPR saat ini sedang menggodok skema penyediaan rumah bagi milenial. Juga KPR bagi milenial. Kelompok yang lahir pada tahun 1980 hingga 2000, jumlahnya sekira 30% dari konsumen rumah.
Kelompok usia milenial di Indonesia sekitar 30% dan skema KPR milenial sedang digodok Kemen PUPR (Foto: Cash.com)

JAKARTA-Wartaproperti.com: Jumlah kelompok masyarakat usia milenial mendapat perhatian serius dari pemerintah. Meskipun ini adalah kelompok potensial, namun minat mereka untuk memiliki rumah masih rendah. Hal ini memantik perhatian serius dari pemerintah.

“Ini lagi digodok skemanya, nanti tunggu yang tepat karena jumlah generasi milenial sangat tinggi sekali, harus dipikirkan,” ujar Abdul Hamid. Dia adalah Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR. Ia mengatakan itu dalam Indonesia Housing Forum di Jakarta, Rabu (18/6).

Baca juga: IMB Pulau Reklamasi, Anis Berdalih Demi Kepastian Hukum

Data yang disampiakan Khalawi, jumlah penduduk generasi milenial di Indonesia saat ini sekira 81 juta. Ini setara dengan 30 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang potensial bagi pasar perumahan. Bahkan, pada 2020, jumlah mereka bisa mencapai sekitar 60 persen dari total penduduk Indonesia.

Menurut dia, generasi milenial lebih memprioritaskan jenis hunian seperti apartemen atau hunian di pusat kota. Hunian yang mereka butuhkan terintegrasi dengan transportasi umum dan memiliki kemudahan dalam akses internet. Namun jika mereka tidak segera memiliki rumah, dimasa depan mereka akan kesulitan karena harga rumah yang semakin melonjak.

Baca juga: BTN Sebut Bunga KPR Bisa Turun Hingga 1% Saja

Berdasarkan data Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) Bank Indonesia, dalam satu dekade kenaikan harga hunian mencapai 39,7 persen. Sedangkan kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) di seluruh Indonesia per tahun lebih dipengaruhi kenaikan inflasi.

Selain itu, lebih dari 50 persen proporsi pengeluaran generasi milenial yang sudah berkeluarga (keluarga muda) di 17 kabupaten/kota ditujukan untuk konsumsi, bukan untuk perumahan.  (Marlo KR/CNN)

(Visited 6 times, 6 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: