Thursday, July 18

Orang Inggris Lebih Suka Rumah dekat Supermarket

Supermarket di Inggris (Foto: Evening Standard)
Riset PropertyWire di Inggris, menyebut para penyewa yang sedang mencari hunian lebih memilih hunian yang dekat dari supermarket atau pasar swalayan. Ada yang mencari hunian dekat dengan taman, juga dekat dengan sarana transportasi publik.

Lagi-lagi lokasi yang jadi faktor penentu seseorang memilih hunian. Di belahan dunia manapun, tiga faktor utama penentu nilai sebuah hunian adalah, pertama lokasi, kedua lokasi dan ketiga juga lokasi. Lokasi yang strategis pastilah dipilih orang. Persoalannya adalah, apa sih kriteria lokasi yang strategis itu?

Nah, untuk soal ini kriterianya berbeda-beda antara satu wilayah atau kota dengan kota yang lain. Juga negara yang satu dengan negara lainnya. Semua pemilik propeti pasti ingin asetnya itu cepat disewa orang. Demikian juga calon penyewa berharap segera mendapatkan hunian yang sesuai dengan kriterianya.

Nah, di Inggris situs Property Wire baru-baru ini melakukan surbei dan menemukan bahwa 50,9% responden bilang hunian yang dekat dengan supermarket adalah hal penting. Sedangkan, ada 46,4% yang ingin dekat dengan taman atau ruang hijau. Kemudian ada 44% lainnya ingin dekat dengan jaringan transportasi massal, dan terakhir, 29,3 % ingin agar toko atau area komersial buka hingga larut malam.

Analis properti dari Center for Urban Development and Studies (CUDES), Ferdinand Lamak mengatakan, karakteristik konsumen properti di Inggris barangkali secara spesifik demikian. Ini berkaitan juga dengan kondisi kota-kota di sana yang pasti sangat berbeda dengan Indonesia.

“Di Indonesia dengan karakteristik kota yang mirip-mirip seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan lain-lain, orientasi pencari rumah sewa tentu akan lebih mempertimbangkan aspek kemudahan dalam transportasi sebagai yang utama,” ungkap Lamak.

Misal, apakah di dekat hunian itu ada sentra moda transportasi yang mudah diakses? Dekat dengan stasiun kereta listrik, atau MRT atau LRT atau shelter busway?

“Tren konsumen di Indonesia juga semakin dimanjakan dengan konsep superblok yang semuanya tersedia di dalam satu kawasan, bukan hanya supermarket, taman, pusat perbelanjaan, sampai pada lembaga pendidikan untuk anak-anak pun tersedia,” ungkapnya. (Marlo KR)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: