Thursday, July 18

Jokowi Bukan Orang Pertama yang Sebut Palangkaraya

Nama Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah sebagai lokasi ideal Ibukota Republik Indonesia ternyata sudah diwacanakan sejak tahun 1957-1958.

Palangkaraya, salah satu sisi kota yang digadang-gadang sebagai Ibukota RI yang baru (Foto: Skyscrapercity)

Pada penghujung masa jabatan Presiden Joko Widodo dan Wakil Jusuf Kalla, nama Palangkaraya mencuat lagi menyusul semakin seriusnya pemerintah merencakan pemidahan ibukota negara. Palangkaraya pun menjadi kandidat paling kuat diantara sejumlah nama kota dan pilihan lainnya yang disampaikan oleh pemerintah.

Jokowi bahkan sudah datang meninjau langsung lokasi yang disebut-sebut nantinya akan menjadi ibukota negara itu. Tepatnya pada Rabu, 8 Juni 2019, Presiden Joko Widodo datang ke Kabupaten Gunung Mas dan sekembalinya dia dari sana, ia menyebut kabupaten ini menjadi wilayah yang paling siap menjadi ibu kota baru dari aspek ketersediaan lahan.

Namun, menurutnya, banyak aspek lain yang perlu dipertimbangan untuk menjadikan suatu daerah menjadi ibu kota baru menggantikan Jakarta. Sejumlah aspek yang diteliti, mulai dari ketersediaan lahan, kesiapan infrastruktur dasar, risiko kebencanaan, hingga kondisi sosial masyarakat.

Jika pada periode kedua kepemimpinannya, Jokowi mampu menyiapkan pemindahan Ibukota Negara dengan baik, maka ia menjadi presiden dengan sebuah langkah berani dan mencatat sejarah baru. Ibukota Negara berpindah dari Jakarta ke Palangkaraya.

Pertanyannya, apakah Jokowi juga menjadi Presiden RI yang mencetuskan nama Palangkaraya?

Penulis buku ‘Sukarno & Desain Rencana Ibu Kota RI di Palangkaraya’, Wijanarka, kepada BBC Indonesia pernah menyatakan Sukarno mencuatkan ide pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya pada periode tahun 1957-1958.

“Nama Palangkaraya (muncul) karena berada persis di tengah NKRI, di tengahnya Indonesia. Atas dasar itu, Palangkaraya menjadi lebih populer sebagai calon ibu kota dari kota lainnya,” ungkap Wijanarka. (SX)

(Visited 11 times, 8 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: