Sunday, September 22

DP Nol Rupiah, Biaya per Bulan Hampir Rp2 Juta

Program DP Nol rupiah Anies Baswedan sebentar lagi akan berwujud. Ironisnya, pembeli dibebaskan uang muka, namun biaya setiap bulannya mendekati Rp2 juta.
Bangunan apartemen DP Nol rupiah (Foto: Ahmad Dwi)

JAKARTA – Wartaproperti.com: Setelah melalui berbagai upaya dan mengalami sejumlah modifikasi dari program usungan saat kampanye dahulu, Anies Baswedan pun hampir berhasil membuktikan kampanye DP Nol rupiah-nya. Sayangnya, realisasi program ini menyimpan sejumlah ironi dan bisa dikatakan, tidak tepat sasaran sebagaimana yang dikampanyekan dahulu.

Hunian dengan wujud apartemen yang sudah dibangun untuk memenuhi program ini berlokasi di Pondok Kelapa, Jakata Timur. Untuk tipe paling kecil, seluas 21 m2 dijual seharga Rp184.800.000. Katakan saja, calon pembeli akan mengangsur dengan durasi paling lama, 20 tahun. Maka, cicilan per bulannya mencapai Rp1.171.531.

Baca juga: Pria 22 Tahun Beli Rumah Rp1,7 Triliun

Tidak cukup itu saja, para pembeli yang dipastikan akan menghuni unit itu pun setiap bulan akan dibebankan sejumlah biaya. Antara lain, biaya pemeliharaan Rp200.000 dan biaya listrik dan air sebesar Rp500.000.

Dari hitung-hitungan di atas, dalam sebulan pembeli minimal harus merogoh koceknya sebesar Rp1.871.531 atau hampir mendekati Rp2 juta. Angka ini tergolong tinggi jika sesuai syarat pembelian, mereka dengan penghasilan mulai dari Rp4 juta yang diperbolehkan mengajukan pembelian unit ini. Hampir separuh dari gaji atau penghasilannya yang akan disedot untuk biaya bulanan.

Baca juga: IMB Pulau Reklamasi, Ini Dalih Anies Baswedan

Pastinya, penghasilan dengan angka Rp4 juta per bulan, bukanlah warga masyarakat miskin. Padahal program perumahan Anies Baswedan diprioritaskan untuk warga miskin yang belum memiliki hunian. Berikutnya, apakah masih terasa manfaat DP Nol rupiah bagi pembeli jika dalam sebulan hampir separuh penghasilannya digerus oleh biaya cicilan dan biaya tinggal di hunian ini? (Marlo KR/detik.com)

(Visited 24 times, 5 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: