Saturday, October 19

Dari Roma, Begini Sejarah Keberadaan Apartemen

Insula di Roma sebagai awal mula apartemen di dunia (Foto: smarthistory.org)

Diatas ketinggian, unit-unit apartemen menjadi hunian manusia. Jenis hunian yang berasal dari jaman Romawi. Kini menjadi hunian pilihan di kota-kota besar, Indonesia.

WARTAPROPERTI.COM: Di pusat kerajaan Romawi, kemacetan sudah sangat parah. Itu sebabnya, orang-orang diharuskan hidup secara berkelompok atau komunal. Sementara hunian-hunian pribadi diperuntukkan bagi orang-orang sangat kaya.

Insula adalah sejenis bangunan apartemen yang biasanya terdiri dari lantai dasar yang ditempati oleh sebuah toko dengan ruang tamu di lantai atas. Insula bisa mencapai enam atau tujuh lantai, dan karena masalah keselamatan sehingga apartemen tertinggi adalah yang paling murah untuk disewa.

Sementara itu, apartemen versi Paris adalah jenis apartemen yang lebih mewah dan pertama kali muncul di Paris dan kota-kota besar Eropa lainnya pada abad ke-18. Di gedung apartemen khas Paris pada abad ke-18, ukuran dan fasilitas serta biaya yang ditanggung para penyewa pun semakin menurun seiring semakin rendahnya lantai apartemen.

Kebangkitan rumah petak di New York City dimulai pada paruh pertama abad ke-19 ketika banyak penduduk kaya pindah lebih jauh ke utara dan ribuan imigran tiba mencari kehidupan yang lebih baik. Populasi kota hampir dua kali lipat setiap dekade antara 1.800 hingga 1.880 dan bangunan-bangunan yang dulunya merupakan rumah keluarga tunggal dibagi menjadi beberapa ruang untuk mengakomodasi populasi yang berkembang pesat.

Ruangan yang sempit, kurangnya penerangan dan kurang ventilasi, adalah kekhasan apartemen pertama New York, yang dikenal sebagai rumah petak. Rumah petak ini menampung hampir dua pertiga populasi kota itu pada awal 1900-an. Bangunan Stuyvesant yang terletak di 142 East 18th Street, umumnya dianggap sebagai bangunan apartemen kelas atas pertama di New York. (MarloKR/dari berbagai sumber)

(Visited 4 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: