Saturday, October 19

IMB Properti Bakal Ditiadakan

Ijin mendirikan bangunan (IMB) akan ditiadakan oleh pemerintah (Foto: Istimewa)

Pemerintah bakal membabat 70-an UU yang dikeluhkan pengusaha. Salah satu yang akan dibabat Pemerintah adalah kebijakan izin mendirikan bangunan (IMB)

WARTAPROPERTI.COM: Demi meningkatkan investasi ke Indonesia, Pemerintah bakal membabat 70-an UU yang selama ini dikeluhkan para pengusaha. Para pengusaha menilai banyak aturan yang dibuat Pemerintah justru membuat tidak nyaman dalam menanamkan modalnya.

Salah satu yang akan dibabat Pemerintah adalah kebijakan izin mendirikan bangunan (IMB), khususnya di sektor properti tanah air. Dengan kebijakan IMB dihapus, maka Pemerintah akan meningkatkan pengawasan khususnya dalam kegiatan pembangunan.

“Pemerintah punya rencana menerapkan omnibus law, itu kan penerapan hukum yang bagaimana meminimalisir rantai birokrasi kita kan terlalu banyak, masyarakat saja mengeluh, pelaku usaha mengeluh, tapi itu masih dalam pembahasan,” kata Kepala Bagian Humas Kementerian ATR/BPN Harison Mocodompit di Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Pemerintah tidak akan segan merobohkan bangunan properti yang ternyata tidak sesuai desain yang telah diajukan dan mendapat persetujuan.

Harison menjelaskan proses pengurusan IMB juga masih memiliki kelemahan di sektor pengawasan pembangunannya.

“Nah yang akan dilakukan Pemerintah itu proses pengawasannya diperketat, jadi kalau memang diterapkan izin tidak ada tapi pengawasan dan sanksinya menjadi berat,” jelas dia.

Harison mengungkapkan, masih banyak pembangunan yang dilakukan tidak sesuai dengan spesifikasi yang diajukan dalam proses penerbitan IMB. Sehingga, jika kebijakan IMB dihapus maka pemerintah akan meningkatkan pengawasan pembangunannya. (MarloKR)

(Visited 5 times, 5 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: