Saturday, October 19

Nyaris Telat Tambahan 20.000 Kuota FLPP

Pengembang mengusulkan tahun depan kuota rumah subsidi dinaikkan (Foto: Pontianak Post)

Dari 80.000 yang diusulkan pengembang, pemerintah hanya memenuhi 20.000. Itupun baru disetujui menjelang akhir tahun. Mugkinkah terkejar realisasinya dalam 3 bulan terakhir ini?

WARTAPROPERTI.COM-Presiden Joko Widodo menyetujui pertambahan anggaran fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), sekalipun jauh dari yang diminta oleh pengembang. Kementerian Keuangan hanya bisa menggelontorkan 20.000 unit kuota tambahan FLPP yang sudah mulai disalurkan melalui perbankan dan dikonsultasikan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdillah mengatakan bahwa memang ada keterlambatan dalam mengabulkan tambahan kuota FLPP tersebut. Menurutnya, kuota itu sudah harus ditambah pada 2 bulan atau 3 bulan lalu.

“Sebenarnya untuk 20.000 ini, menurut saya, masih kurang. Namun, setidaknya jangan sampai juga terhenti [industri properti]. Jadi, ini setidaknya bisa jadi jalan keluar karena kita seminim-minimnya mengusulkan 30.000 sampai akhir tahun,” katanya kepada Bisnis, Senin (7/10/2019).

Junaidi mengharapkan supaya kuota tambahan sebanyak 20.000 unit itu bisa segera direalisasikan. Pasalnya, jika kuota terlalu lama keluar, walaupun ada tambahan 20.000 unit, hal itu tidak bisa terserap karena tahun ini hanya tingaal tersisa tidak sampai 3 bulan.

“Belum lagi menunggu proses kesiapan teman-teman pengembang dan masyarakat berpenghasilan rendah [MBR] sendiri karena realisasi KPR [kredit pemilikan rumah] kan itu butuh proses dan prosesnya itu kan enggak gampang,” sambungnya.

Sekretaris Jenderal Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida berharap agar tahun depan jumlah anggaran untuk FLPP bisa ditambah. Pasalnya, kebutuhan rumah subsidi masih sangat tinggi.

“Kami usulkan tahun depan itu [dari alokasi pemerintah rencananya] cuma 110.000 unit. Sementara, kebutuhannya 330.000 unit,” kata Totok. (MarloKR)

(Visited 5 times, 5 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: