Saturday, October 19

Pajak Didiskon, Apartemen Mewah Masih Lesu

Mangkuluhur City, salah satu apartemen mewah di Jakarta (Foto: Ist)

Batas harga minimal apartemen yang terkena pajak barang mewah adalah Rp30 miliar. Pasar apartemen di kelas ini masih stagnan.

WARTAPROPERTI.COM-Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto menilai kebijakan pemerintah dalam menaikkan batas harga minimal kelompok hunian mewah yang bebas Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) menjadi Rp30 miliar, belum berpengaruh pada penjualan apartemen segmen ini. Sampai saat ini, tingkat permintaan apartemen di kelas tersebut secara keseluruhan masih stagnan.

Ia menyatakan jumlah penjualan apartemen mewah atau dengan minimal harga Rp10 miliar ke atas tidak banyak dibandingkan dengan yang berharga di bawah Rp10 miliar. Dengan begitu, kebijakan fiskal yang baru diberikan pemerintah ini tak berdampak pada penjualan apartemen.

“Sasaran tembak PPnBM tidak kena. Harga kan tadinya minimal yang terkena pajak Rp10 miliar lalu dinaikkan menjadi Rp30 miliar. Tapi yang stok apartemen di atas Rp10 miliar saja hanya 5 persen, sisanya harga di bawah Rp10 miliar,” ungkap Ferry, Rabu (9/10).

Laporan lembaga ini menyatakan, tingkat penyerapan apartemen pada kuartal III 2019 hanya naik tipis 0,3 persen ke level 87,5 persen dari kuartal sebelumnya. Sementara, pasokan apartemen sendiri melonjak hingga 65 persen dari 1.972 unit menjadi 3.255 unit.

Dengan lonjakan itu, total stok apartemen kini tembus 209.286 unit. Angkanya naik 1,7 persen secara kuartal dan 7,3 persen secara tahunan.

Ferry meramalkan tingkat serapan apartemen masih terus stagnan sampai akhir tahun ini. Bahkan, bisa saja turun ke level 85 persen-86 persen hingga 2023 mendatang.

“Ke depan tingkat serapan apartemen akan sedikit turun akibat tekanan perang dagang dan ketidakpastian ekonomi global,” jelasnya.

Kendati serapan diramalkan turun, tetapi Ferry melihat pasokan apartemen tetap akan bertambah hingga 2023 mendatang sebanyak 47.899 unit. Dalam hal ini, mayoritas apartemen dijual dengan harga di bawah Rp10 miliar. (CNN/MarloKR)

(Visited 6 times, 6 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: