November 29, 2022

air mancur purwakarta

Atraksi air Mancur Sri Baduga atau Situ Buleud memukau ribuan penonton di Purwakarta, Jawa Barat.

Meski sempat diguyur hujan, penonton tetap antusias melihat air mancur yang diklaim sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

“Air mancurnya keren, bisa nari. Enggak nyesel datang kesini walau harus hujan-hujanan,” ujar Affandi, warga Karawang yang sudah datang ke Situ Buleud, sejak Sabtu (9/1/2016) sora.

Affandi dan banyak warga Purwakarta lainnya rela berada di lokasi atraksi sejak sore. Meski acara yang jadwalnya digelar pukul 19.45 WIB, mundur menjadi pukul 22.10 WiB karena hujan.

Sebagian warga yang sudah memadati Situ Buleud sejak sore hari basah kuyup karena tidak tersedia tempat berteduh.

Namun, “penderitaan” warga itu terbayar saat acara dimulai atraksi air mancur itu begitu memukau sehingga warga seakan melupakan tubuh mereka yang basah kuyup.

Peresmian air mancur Sri Baduga dimulai dengan tarian serta drama teatrikal yang mengisahkan tentang Kerajaan Pajajaran dan Prabu Siliwangi.

Tak hanya itu para model cantik yang mengenakan busana tradisional samping jangkung gelung jucung, berlenggok gemulai di atas panggung.

Pertunjukan semakin meriah tatkala Charlie “Setia Band” menyumbangkan suara khasnya sambil menakik tandu.

Semua hiburan tersebut dipentaskan di dalam arena air mancur di atas panggung berbentuk huruf T.

Setelelah deretan hiburan akhirnya acara yang ditunggu tiba. Di tengah pagelaran seni budaya, tata cahaya yang mempesona serta audio yang menggelegar, air mancur menyembur.

Tak hanya menyembur, air mancur itu lalu menari, berlenggok, membuat formasi yang indah mengikuti iringan musik yang dibawakan sejumlah artis.

Bahkan saat lagu penutup dengan ritme dan bercengkok dangdut ditampilkan, air mancur itu ikut bergoyang.

Di tengah lenggokan air mancur pertunjukan animasi di layar buasa dari layar air mancur (aqua screen) ditampilkan, membuat atraksi itu semakin memukau.

Masyarakat sangat terpukau dengan suguhan itu, sehingga hampir tak ada penonton yang meninggalkan acara sebelum usai.

Bahkan, ratusan penonton yang tidak bisa masuk ke arena Situ Buleud rela menikmati atraksi lewat layar lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.