December 6, 2022
Tidur pulas adalah salah satu aplikasi dari hidup sehat
Tidur pulas adalah salah satu aplikasi dari hidup sehat

WARTAPROPERTI.COM | Tidak banyak orang yang menyadari apa yang menyebabkan tidur malamnya tidak pulas. Lebih sedikit orang yang mengetahui bahwa suasana dan atmosfir di dalam kamar tidur mereka, memberikan kontribusi yang besar bagi insomnia yang melanda para penghuninya. Anda pun mungkin tidak begitu yakin bahwa persoalan tidur pulas atau tidak memiliki kaitan erat dengan dekorasi kamar tidur Anda. Tetapi yakinlah bahwa dekorasi memberikan pengaruh dominan bagi suasana di dalam kamar tidur sehingga kenyamanan tidur Anda pun menjadi lebih maksimal.

Lantas, seperti apa dekorasi dimaksud? Nah, bagi Anda yang ingin meningkatkan kwalitas tidur Anda, maka segeralah merapihkan kamar tidur. Berikut ini, 5 tips untuk mendekorasi kamar tidur agar tidur Anda lebih pulas:

(1) Setelah cahaya lampu kamar

Saat Anda memutuskan naik ke atas ranjang untuk beristirahat, otak Anda pun sesungguhnya membutuhkan waktu untuk diistirahatkan. Suasana kamar yang agak gelap atau remang membuat rasa kantuk Anda akan lebih cepat datangnya. Hal ini berbeda dengan kamar yang terang benderang pada saat Anda sudah harus beristirahat. Itu sebabnya, portal hunian ternama Houzz.Com menyarankan agar Anda menggunakan saklar lampu yang dapat disetel agar Anda bisa menurunkan tingkat pencahayaan di kamar Anda sesuai kebutuhan Anda. Saran umum pun patut Anda pertimbangkan, yakni gunakan bola lampu 40 atau 60 watt untuk kamar tidur Anda.

(2) Bijak memilih warna

Anda memang tidak akan melihat warna kamar Anda, lebih khusus lagi dinding kamar Anda, pada saat Anda sedang tidur. Namun, yakinlah bahwa warna dinding kamar adalah warna pertama yang Anda lihat saat bangun tidur, dan warna terakhir yang Anda lihat sebelum pulas. Tidak ada warna lain. Itu sebabnya warna dinding kamar sangat berpengaruh bagi tidur Anda.

Sleep Foundation menyarankan agar Anda memilih warna-warna yang teduh dan tidak cerah untuk kamar tidur Anda. Sementara itu para peneliti menyatakan, pilihan warna sangat berpengaruh pada mood atau suasana batin seseorang. Houzz.com menyarankan Anda untuk memilih warna-warna tidur atau sleepy colours seperti kuning pusat, hijau dan biru adalah warna-warna yang tepat untuk kamar tidur Anda.

(3) Berikan aroma yang pas

Tentu saja aroma yang tidak enak akan mengganggu Anda ketika hendak tidur. Namun kemar tidur tanpa aroma pun tidak disarankan untuk Anda. Seperti kata Dr. Natalie Dautovich, sistim penciuman Anda akan terkoneksi lansung dengan dapur emosional dan otak Anda. Itu sebabnya ketika Anda mencium sesuatu aroma yang baik, itu akan terekam dalam memori Anda dan memberikan tingkat rasa nyaman tertentu bagi tubuh Anda.

Dr. Dautovich menyarankan tiga aroma yang dapat Anda gunakan di kamar tidur yakni Lavenda, Jasmine dan vanila. Namun ia pun menekankan hal yang paling mendasar yakni, bersihkan selalu kamar tidur Anda agar tetap memberikan Anda udara segar dan sehat.

(4) Pilihlah kasur yang tepat dan nyaman

Mattress atau kasur atau spring bed adalah slah satu elemen sentral dari istirahat Anda di kamar tidur. Ragam kwalitas dari kasur membuat orang kerap mengabaikan aspek kenyamanan ketika hendak memilih satu jenis kasur tertentu. Pilihan kasur yang salah akan membuat tidur Anda menjadi sangat tidak nyaman.

(5) Keluarkan televisi dari kamar tidur

Kebanyakan memiliki kebiasaan menonton televisi sebelum tidur. Tetapi mereka salah ketika menempatkan televisi di kamar tidur sehingga mereka bisa menonton sambil tiduran hingga mereka pulas. Padahal seperti dikatakan di atas, pencahayaan yang berlebihan akan mengganggu tidur Anda. Televisi, komputer, tablet pc dan lainnya adalah penghasil cahaya. Selain itu, hindari perangkat elektronik apalagi yang sedang aktif di sekitar tidur Anda.  (FL/Foto: Huffingtonpost)

Leave a Reply

Your email address will not be published.