November 29, 2022
Sebuah rumah di Jakarta yang menyediakan jasa homestay
Sebuah rumah di Jakarta yang menyediakan jasa homestay

WARTAPROPERTI.COM | Apa yang akan Anda lakukan jika memiliki kamar berlebih di rumah Anda? Tidak usah bingung, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan tambahan pendapatan tanpa harus repot-repot mengeluarkan banyak usaha dan modal tambahan. Jadikan saja kamar-kamar kosong di rumah Anda sebagai kamar sewa atau yang sering dikenal sebagai homestay. Bisnis ini tergolong prospektif manakala tarif hotel sekarang mulai melambung, di sisi lain tidak sedikit kaum pelancong yang menginginkan akomodasi murah, namun nyaman dan lebih dekat dengan masyarakat setempat yang dikunjunginya.

“Ada wisatawan yang memang tidak begitu suka tinggal di hotel. Mereka lebih suka tinggal di rumah penduduk sehingga bisa lebih dekat berinteraksi dengan warga setempat,” ungkap Kanaya Tabitha, desainer kondang yang kini tengah giat mempersiapkan pengembangan sejumlah desa wisata di bagian timur Indonesia.

Kanaya benar, karena di era ini para wisatawan tidak hanya membutuhkan destinasi (place) sebagai daya tarik utama. Tetapi juga orang-orang lokal (people), sebagai sebuah orientasi yang tak kalah penting bagi para wisatawan.

“Dengan tinggal di homestay, mereka bisa beriteraksi dengan pemilik rumah dan dapat menyaksikan atraksi-atraksi budaya setempat. Dengan begitu, masyarakat pun akan mendapatkan manfaat langsung dari kunjungan wisatawan, baik melalui pendapatan homestay maupun bayaran yang mereka dapatkan dari layanan lain yang bisa dinikmati para wisatawan,” imbuh Kanaya.

Untuk dapat terjun ke dalam bisnis akomodasi jenis homestay ini, ada hal krusial yang harus diperhatikan adalah kebersihan rumah, kamar dan terutama adalah toilet-nya. Ini yang menjadi titik lemah para pemilik rumah di daerah karena kesadaran akan kebersihan kehususnya toliet masih tergolong rendah.

Bisnis jasa penginapan ini dapat merengkuh para wisatawan yang datang secara berkelompok dan menyasar destinasi-destinasi unik di Indonesia. Cara penjualan kamar sewa pun bisa dilakukan melalui jaringan online, apalagi saat ini sudah mulai muncul media online yang menyediakan fitur kamar yang disewakan. (FL/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.