November 29, 2022
Feng Shui rumah sangat penting untuk mendukung keharmonisan keluarga
Feng Shui rumah sangat penting untuk mendukung keharmonisan keluarga

WARTAPROPERTI.COM | Ilmu feng shui biasa digunakan dalam budaya Tionghoa sebagai salah satu patokan dalam proses pembangunan rumah. Tujuan dari penerapan feng shui untuk memastikan rumah tersebut dibangun dengan Qi atau kekuatan alam yang dialirkan oleh angin untuk membawa energi positif dan mendatangkan rezeki. Efek lainnya adalah, hidup berumahtangga pun menjadi lebih harmonis.

Feng shui bekerja dengan mempertimbangkan beberapa aspek di sekeliling manusia. Antara lain seperti lokasi rumah, sumbu, waktu, dan arah rumah. Ahli feng shui, Suhu Naga mengatakan bahwa rumah yang menghadap ke arah utara, selatan, dan timur cocok untuk ditinggali.

Namun hal tersebut bukanlah menjadi suatu patokan khusus untuk mendatangkan rezeki atau menjaga keharmonisan rumah. Sebaiknya, lihat pula unsur elemen feng shui yang tinggal di dalamnya.

“Rumah-rumah yang feng shuinya air dan logam, sepertinya tahun ini suasana rumah tahun ini kurang harmonis dan nyaman. Karena tahun ini yang kuat unsur api, api akan melelehkan logam dan dimatikan oleh air,” terangnya di Plaza Festival, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca Juga: Ini Dia Menara Ular Kobra Karya Arsitek Rusia

Rumah feng shui air merupakan rumah dengan unsur air di dalamnya. Biasanya ditandai dengan adanya kolam ikan, air mancur atau akuarium. Sementara feng shui logam, memiliki elemen logam atau metal seperti hiasan dari kuningan, pemilihan warna emas, tembaga atau perak pada interior rumah dan sebagainya.

Bagi Anda yang memiliki banyak unsur air dan logam di dalam rumah, bukan berarti suasana rumah akan terus-menerus terasa ‘tegang’ dan tidak nyaman. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mencari keseimbangan unsur elemen feng shui dengan permainan warna.

Misalnya, jika rumah Anda memiliki unsur logam yang kuat, cobalah untuk mengecat rumah dengan warna nuansa biru. Pria 42 tahun ini mengatakan, warna tersebut akan membuat rumah terasa sejuk sehingga emosi dan permasalahan rumah tangga dapat terhindari.

Sedangkan jika rumah Anda berada di dekat pantai, pria yang memulai profesinya sejak 1998 itu menyarankan untuk wasada dengan bencana kebakaran. “Bencana yang terjadi kuat dengan unsur api, gunung meletus, gerakan magma, dan lain-lain,” ujarnya.

Ia menambahkan, unsur elemen feng shui yang termasuk kuat di tahun ini adalah unsur tanah dan kayu. Sehingga jika dikaitkan dengan desain bangunan, model rumah yang berbentuk kotak serta bagian atapnya runcing ke atas akan digemari di tahun ini karena lebih kekinian.(FL/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.