December 6, 2022
Tunjungan Plaza, mal milik Pakuwon Group yang menjadi superblok pertama di Indonesia
Tunjungan Plaza, mal milik Pakuwon Group yang menjadi superblok pertama di Indonesia

WARTAPROPERTI.COM | Dua pengembang kenamaan, pemain lawas asal Surabaya Pakuwon Group dan Central Cipta Murdaya Group masing-masing memiliki mal yang dikenal menjadi pusat belanja dengan harga sewa termahal di Jawa Timur. Kedua mal itu adalah adalah Tunjungan Plaza (Pakuwon Group) dan Grand City (Central Cipta Murdaya Group).

Hasil riset Colliers International Indonesia yang diterima WartaProperti.Com pada Selasa (8/3/2016), menyebutkan, rata-rata harga sewa adalah Rp 569.541 per meter persgei per bulan dengan biaya servis atau service charge Rp 108.747 per meter persegi per bulan. “Biaya servis tersebut terus meningkat secara tahunan. Tahun 2015 lalu lebih tinggi ketimbang 2014,” tulis Colliers.

Tingginya harga sewa kedua mal itu disebabkan oleh tingkat hunian yang berada di atas level rata-rata yakni lebih dari 84 persen. Selain itu, keduanya termasuk dalam kategori pusat belanja kelas menengah atas.

Di Tunjungan Plaza contohnya, bercokol peritel-peritel asing macam Sogo, Hero, Celebrity Fitness, Bally, Polo, dan Pierre Cardin. Sementara di Grand City terdapat Marks & Spencer, Condotti, Fossil, Masari, Tag Heuer, dan The Grand Palace Department Store.

Secara umum, pasar ritel Surabaya akan bertambah pasoknya seluas 390.000 meter persegi hingga 2018 mendatang. Jumlah ini 18,4 persen lebih rendah dibanding pasokan yang masuk pasar pada 2014 silam. (FL/Foto: Pakuwon)

Leave a Reply

Your email address will not be published.