December 3, 2022
Arief Yahya Menteri Pariwisata
Arief Yahya Menteri Pariwisata

WARTAPROPERTI.COM | Sejak Joko Widodo mulai menjabat sebagai presiden, pemerintah pun mulai gencar membangun  KEK (Kawasan Ekonomi Khusus). Bahkan tak tanggung-tanggung, pemerintah mematok target membangun  100 KEK. Target ini berlaku hingga tahun 2019. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya ada 222 kawasan pengembangan pariwisata nasional di Indonesia. Jika satu periode kepemimpinan rata-rata mampu menyelesaikan 10 KEK, maka perlu minimal 20 periode pemerintahan atau sekitar 100 tahun untuk membangun keseluruhan.

“Oleh karena itu, mending kita bersatu. Para bupati mengusulkan saja membuat KEK baru. Kemenpar juga sudah meminta gubernur untuk mengirimkan minimal 3 KEK per provinsi. Kalau ini dilakukan, kita bisa mencapai target 100 KEK sampai 2019 sebab kita ada 34 provinsi,” kata Arief.

Arief menyampaikan hal ini sesaaat sebelum meresmikan terbentuknya Forum Kerjasama Pariwisata Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia (FK-PPDSI) di Jakarta, Senin (7/3). Forum ini dibentuk sebagai perwakilan pemerintah daerah sebagai salah satu stakeholder pariwisata. Target pembangunan KEK ini, kata Arief, terangkum dalam paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah melalui Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution pada November 2015.

Dia menegaskan, Presiden Joko Widodo telah menetapkan tahun 2016 sebagai tahun akselerasi dalam rangka mewujudkan pencapaian target pembangunan pariwisata 2019. Targetnya antara lain, yakni memberi kontribusi pada PDB  nasional sebesar 8% dengan jumlah devisa sebesar Rp240 triliun, penciptaan lapangan kerja sebanyak 13 juta orang, target 20 juta kunjungan wisman dan 275 kunjungan wisnus, serta meningkatkan indeks daya saing pariwisata ranking 30 dunia.

“Percepatan yang dimulai pada tahun ini yakni pariwisata harus tumbuh sebesar 20% dari 10,4 juta wisman pada tahun lalu menjadi 12 juta wisman. Untuk mencapai target tinggi ini dibutuhkan sinergitas dari seluruh stakeholder termasuk pemda,” jelasnya. (FL/Bisnis.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.