November 29, 2022
Salah satu bangunan komersial di Jakarta Selatan yang disegel Pemprov DKI Jakarta
Salah satu bangunan komersial di Jakarta Selatan yang disegel Pemprov DKI Jakarta

WARTAPROPERTI.COM | Ketegasan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama tidak mengendur kendati usia kepemimpinannya tinggal beberapa bulan lagi. Seperti tidak khawatir turunnya pamor menjelang pemilihan gubernur 2017 nanti, penegakkan aturan di wilayah DKI Jakarta terus ia jalankan. Seperti yang terjadi dengan bangunan-bangunan yang tidak memiliki kelengkapan ijin di wilayah Pemkot Jakarta Selatan.

Tercatat, ada sekira 177 bangunan di Jakarta Selatan yang pemiliknya sudah mendapatkan peringatan dari pihak Pemkot. Dari jumlah itu, sudah ada 109 gedung yang disegel. Dan, pekan ini akan ada 53 bagunan yang dibongkar oleh Pemkot. Bangunan-bangunan ini akan melakukan penyegelan dan pembongkaran sejumlah bangunan di wilayahnya. Menurut Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, ada ratusan gedung di Jakarta Selatan belum punya izin dan melanggar perizinan. Tri menegaskan pihaknya akan menegakkan aturan tanpa pandang bulu.

Rencana pembongkaran ini berlaku di semua bangunan baik gedung bertingkat sampai bangunan di bantaran kali, semua yang melanggar akan ditertibkan. Walikota Tri pun menegaskan kembali kepada semua pihak baik pengembang maupun masyarakat biasa agar patuh terhadap aturan. Jika ingin membangun, penuhilah semua persyaratan dan perijinan yang ditentukan, baru mulai membangun. Ia pun menjamin, proses pengurusan ijin di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tidak rumit dan tidak akan dipersulit.

Ia menegaskan, jika perijinan belum beres sebaiknya jangan dibangun karena apabila kelak dibongkar oleh Pemkota, akan memakan biaya yang lebih besar lagi. Pembangunan harus dilakukan sesuai aturan, kata dia. (FL/hse/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.