December 6, 2022
Susi Pudjiastuti, sosok yang kerap menentang reklamasi pantai
Susi Pudjiastuti, sosok yang kerap menentang reklamasi pantai

WARTAPROPERTI.COM | Kendati belum terdengar ada pihak-pihak yang ingin berekspansi ke sana, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bakal menentang keras pihak manapun yang ingin melakukan reklamasi di wilayah Pangandaran. Susi menilai, reklamasi hanya akan membuat ekosistem laut rusak.

“‎Saya tidak mau ada reklamasi di Pangandaran,” paparnya di Pantai Timur Pangandaran, Senin (14/3/2016).

Menurut mantan bos Susi Air ini, mata pencaharian masyarakat Pangandaran banyak berasal dari sektor pariwisata. Bila alam dan ekosistem laut rusak akibat reklamasi, tentu akan mempengaruhi pendapatan masyarakat.

Baca Juga: Reklamasi Pulau, Bukan Hal Baru di Indonesia

Susi juga meminta setiap kegiatan di kampung asalnya itu tidak merusak lingkungan, misalnya pertambangan. Jangan sampai, kata dia, ada penambangan pasir besi yang membuat lingkungan rusak.

“Harus betul-betul dipastikan tidak ada kegiatan apapun, tambang yang merusak lingkungan. Orang Pangandaran hidupnya dari perikanan dan pariwisata. Pertanian sudah bagus, perikanan kita jaga. Jangan hanya karena tambang pasir besi, semua besi dikeruk, berlubang, degradasi lingkungan terjadi. Jangan sampai terlambat,” cetusnya.

Sebagaimana diketahui, Menteri Susi merupakan salah satu orang yang cukup keras menentang aktifitas reklamasi di sejumlah tempat, termasuk di Jakarta. Reklamasi belasan pulau di Teluk Jakarta merupakan salah satu sorotannya yang membuat dirinya kerap berbeda pendapat dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. (FL/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.