December 3, 2022

WARTAPROPERTI.COM | Sudah hampir 10 tahun ini, konsep hunian minimalis bertahan sebagai pilihan konsumen. Tentu saja, ini banyak dipengaruhi oleh tuntutan kondisi lahan yang kian terbatas. Prinsip kegunaan pun menjadi nomor satu, sehingga dengan ruang yang minimal saja cukup. Nah, berangkat dari sinilah maka kebutuhan akan inovasi desain interior untuk memaksimalkan tingkat kenyamanan penghuni menjadi tinggi. Gaya Scandinavian menjadi salah satu model desain interior yang dapat memenuhi dahaga para pemilik hunian minimalis untuk menjadikan hunian mereka tampak lebih luas.

Gaya Scandinavian mengusung konsep minimalis, rapi, sederhana dan mengutamakan kepraktisan serta fungsional. Scandinavian dapat dicirikan secara kental dari konsep tata ruangnya yang menggunakan palet netral dan cenderung pucat. Ini akan membuat ruangan terkesan lebih luas sehingga cocok diterapkan pada rumah atau apartemen berukuran mungil.

Berikut beberapa tips mengaplikasikan Gaya Scandinavian di hunian Anda:

Warna-warna netral

warna_netral_scandinavian_style

Warna netral adalah warna yang tampak lebih terang. Warna-warna terang menciptakan kesan yang lebih intim, sementara palet netral dan pucat memberi kesan ruangan lebih luas dan terbuka. Untuk menambah ‘luas’ ruangan, cobalah bereksperimen dengan cat putih atau off-white. Bisa Anda terapkan pada keseluruhan dinding rumah minimalis Anda, perabotan atau furnitur. Tapi Anda juga bisa menerapkannya lewat aksesori rumah seperti bantal hias berwarna netral atau menempatkan foto berbingkai hitam-putih pada dinding.

Minim detail

scandinavian_minim_detail

Pilih perabot atau furnitur dengan desain yang clean dan minim detail. Untuk meja misalnya, gunakan yang permukaannya rata atau datar. Bukan meja dengan banyak ukiran atau aksen-aksen rumit. Begitu juga dengan rak, meja hias, lemari, kabinet, kursi atau sofa.

 

 

 

 

 

Motif yang geometris

scandinavian_motif_geometris

Untuk membuat ruangan terlihat lebih segar dan dinamis tapi tetap bergaya Scandinavian, pilih pajangan atau lukisan bermotif simpel. Motif-motif geometris seperti garis-garis, polka dot, heksagonal atau diamond. Motif yang simpel akan membuat ruangan terkesan lebih panjang atau lebar dari sebenarnya. Sebaliknya motif yang rumit dan ramai seperti bunga, buah atau kulit binatang cenderung membuat ruangan terkesan lebih kecil.

 

 

Lighting yang cukup

scandinavian_lighting_cukup

Buatlah ruangan terlihat lebih terang untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih lebar. Biarkan cahaya alami masuk ke rumah Anda lewat jendela atau ventilasi lainnya. Jika sudah memiliki jendela yang lebar, maka Anda hanya cukup membuka lebar-lebar tirai agar cahayanya masuk. Tapi jika belum ada jendela lebar, perbanyak ventilasi dan jika perlu renovasi rumah untuk menambahkan jendela. Perlu usaha lebih memang, namun cukup layak untuk membuat rumah terasa lebih nyaman dalam jangka panjang.

 

Jangan menumpuk barang

scandinavian_tidak_menumpuk

Usahakan tidak menata benda-benda dengan cara ditumpuk karena akan mempersempit ruangan. Beri jarak antara perabot satu dengan perabot lainnya, sehingga tercipta ruang kosong yang membuat ruangan terkesan lebih lega. (FL/Foto: Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.