December 6, 2022
Ground breaking Grand Sentraland Karawang
Ground breaking Grand Sentraland Karawang

WARTAPROPERTI.COM | Bayangkan kalau ada buruh yang bisa menikmati tinggal di hunian sekelas apartemen, dengan harga rusunami. Nah, hal seperti ini akan terjadi di Karawang, jika Perum Perumnas tuntas mengembangkan rumah susun sederhana milik itu di Kelurahan Sukaluyu, Teluk Jambe Timur, Karawang, Jawa Barat. Proyek bernama Grand Sentraland Karawang ini dikembangkan guna memenuhi permintaan hunian dari kalangan buruh pabrik di sekitar kawasan itu. Menurut Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arif Sugoto, meski berlabel rusunami, namun penampakan luar, serta fasilitasnya setara dengan apartemen.
Grand Sentraland Karawang terletak tidak jauh dari pintul tol Karawang Barat, dan berada di dekat kawasan industri. Pengembang pelat merah ini mematok harga yang terbilang sangat terjangkau untuk pekerja pabrik, yakni yang paling murah adalah sebesar Rp 167 juta hingga yang termahal Rp 300 juta. Seperti biasa, ini adalah harga yang berlaku di penjualan perdana.

“Namanya saja rusunami, tapi bentuknya dan rasa (fasilitas) apartemen,” kata Arif saat acara groundbreaking, di Karawang, pekan lalu.

Pertanyaannya, mengapa pengembang berani mengklaim bahwa rusunami ini memiliki kelas yang setara dengan apartemen? Jika dilihat dari rencana pengadaan fasilitasnya, akan tersedia di runsumani ini kolam renang, taman, fitness center, jogging track, bahkan hotel dan pusat perbelanjaan. Janji pengembang pun, akan ada pengembangan komersial di tahap berikutnya. “Nanti kita kembangkan juga fasilitas komersial di tahap kedua,” jelas Arif.

Proyek rusunami ini menawarkan dua tower rusunami untuk pengembangan tahap pertama. Tower pertama, tersedia tipe 18 (studio) sebanyak 378 unit, tipe 27 sebanyak 189 unit, dan tipe 36 sebanyak 113 unit. Sementara itu untuk tower kedua tersedia tipe 18 sebanyak 488 unit, tipe 27 sebanyak 190 unit, dan tipe 36 sebanyak 131 unit. (FL/Foto: Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.