December 6, 2022
Jakarta Smart City: Pelayanan publik dalam genggaman
Jakarta Smart City: Pelayanan publik dalam genggaman

WARTAPROPERTI.COM | Gaung Smart City terus dikumandangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Mereka terus berupaya untuk menjadikan Jakarta sebagai Smart City atau kota cerdas dengan mengembangkan berbagai aplikasi digital. Hal ini selalu ditegaskan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok dalam berbagai kesempatan.

“Kami memang bertekad untuk menjadikan Jakarta sebagai Smart City. Maka dari itu, kami terus mengembangkan aplikasi-aplikasi digital,” kata AhokĀ  di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Menurut dia, pengembangan aplikasi tersebut dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan sekaligus mengawasi kinerja Pemprov DKI Jakarta. “Rencana kami ke depan, yaitu kami ingin di dalam sistem Smart City itu nanti ada semacam infrastrukturnya, ada smart living, smart government dan lain-lain. Jadi, Smart City itu nanti lebih banyak lagi manfaatnya,” ujar Basuki.

Saat ini, dia menuturkan berbagai macam aplikasi tengah dikembangkan oleh Pemprov DKI di Jakarta Smart City Lounge, termasuk aplikasi yang dapat mendukung program paperless untuk diterapkan di pelayanan dan pemerintahan DKI. “Saat ini, yang sedang kami kembangkan, yaitu program untuk mendukung agar di pelayanan dan pemerintahan DKI itu semuanya bisa paperless. Jadi, semuanya bisa dilakukan cukup lewat aplikasi saja,” tutur Basuki.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan berbagai macam pelayanan kepada masyarakat saat ini masih dilakukan melalui sistem online pada situs tertentu. Namun, dia menilai sistem tersebut masih tetap membutuhkan waktu. “Kalau yang sekarang itu kan masih based on website. Saya ingin seluruh pelayanan masyarakat itu bisa diakses melalui aplikasi. Dengan begitu, waktu yang diperlukan juga lebih mudah dan lebih singkat,” ungkap Basuki. (FL/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.