November 27, 2022
Barnenez, Perancis yang didirikan pada tahun 4.800 SM
Barnenez, Perancis yang didirikan pada tahun 4.800 SM

WARTAPROPERTI.COM | Orang Indonesia mengenal nama Candi Borobudur sebagai salah satu bangunan raksasa peninggalan dari masa lalu yang tetap berdiri kokoh hingga detik ini. Demikian juga dengan sejumlah candi seperti Prambanan, Mendut dan lain-lain. Namun, tahukah Anda manakah bangunan tertua yang ada di dunia dan masih berdiri kokoh hingga saat ini?

Berikut 10 bangunan tertua di dunia seperti yang disebutkan oleh 10mosttoday.com:

Barnenez, Perancis – 4.800 SM

Ini adalah bangunan yang disebut juga sebagai bagian dari makam. Sebuah monumen peninggalan jaman batu atau neolitikum yang terletak di sebelah utara Finistere, Britanny, Perancis. Bangunan ini memiliki panjang 75 m, lebar 25 m dan tinggi 8 m.

Tumulus of Bougon, Perancis – 4.800 SM

Adalah bagian dari lima bangunan bebatuan yang terletak di Bougon, Perancis. Struktur tertua dari bangunan ini diketahui berdiri sejak tahun 4.800 sebelum masehi.

Tumulus Saint-Michel, Perancis – 4.500 SM

Tumulus St Michel adalah sebuah gundukan makam megalitik, yang terletak di sebelah timur Carnac, Brittany, Perancis. Ini adalah makam gundukan terbesar di benua Eropa dengan panjang 125 m, lebar 60 m dan tinggi 10 meter.

Wayland, Smithy, Inggris – 3.700 SM

Sebuah bangunan neolitik dan makam kuno yang terletak di dekat Ashbury. Di tempat ini juga ditemukanbekas-bekas kehidupan manusia  yang menunjukkan bahwa terdapat 14 orang yang telah dimakamkan di tempat ini antara 3.590 dan 3.550 SM

Knap of Howar, Scotlandia – 3.700 SM

Terletak di Pulau Papa Westray, Skotlandia, bangunan ini merupakan rumah batu untuk pemakaman jenasah yang diawetkan.

 Ġgantija, Malta, sekarang sudah menjadi cagar budaya UNESCO
Ġgantija, Malta, sekarang sudah menjadi cagar budaya UNESCO

Ggantija, Malta – 3.700 SM

Ini adalah sebuah kompleks candi megalitik di pulau Mediterania Gozo. Kuil Ggantija adalah satu dari serangkaian candi megalitik di Malta dan usianya lebih tua dari Piramida Mesir. Bersama dengan struktur serupa lainnya, bangunan ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

West Kennet Long Barrow – Inggris, 3.650 SM

Sebuah makam Neolitik, terletak di punggung bukit kapur yang menonjol, dekat Silbury Hill, Inggris. Situs ini tercatat pada abad ke-17 dan kemudian lagi di abad ke-18.

Listoghil, Irlandia – 3.550 SM

Listoghil adalah monumen sentral besar pada gugusan Carrowmore, sebuah kawasan makam prasejarah di County Sligo. Listoghil berdiri di titik tertinggi di dalam kompleks yang berada sekitar 50 meter di atas permukaan laut.

Sechin, Bajo, Peru – 3.500 SM

Adalah sebuah plaza batu kuno di kaki bukit Andes, 330 kilometer (210 mil) barat laut dari Lima, ibukota Peru. Sechin adalah salah satu bangunan tertua buatan manusia sejak sekitar 3500 SM berdasarkan penanggalan karbon. Bangunan ini digali pada 2008.

La Hougue, Bie, Jersey – 3.500 SM

Sebuah bangunan dengan panjang 18,6 meter di pulau Jersey, lepas pantai Normandia, Perancis. Bangunan berbentuk kapela di atas adalah abad pertengahan. (FL/Foto: Ist)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.