December 3, 2022
Reklamasi Pluit City diputuskan untuk dihentikan sementara
Reklamasi Pluit City diputuskan untuk dihentikan sementara

WARTAPROPERTI.COM | Setelah berhembus kencang beberapa waktu belakangan ini, desakan untuk menghentikan pekerjaan reklamasi pulau G di teluk Jakarta pun mencapai keputusan malam tadi, Senin 19/04/2016. Bertempat di Kantor Kementerian Maritim dan Sumber Daya, Gubernur Basuki Tjahja Purnama, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Menko Maritim Rizal Ramli, dilakukan rapat koordinasi yang akhirnya memutuskan pemerintah menghentikan sementara proses reklamasi di Pulau G yang sedang dikerjakan oleh PT Agung Podomoro Land, Tbk.

Ahok kepada media usai pertemuan mengatakan, dirinya menyetujui keputusan tersebut. Ia mengatakan, meski dihentikan sementara, namun ia menggarisbawahi bahwa baik pusat maupun Pemprov DKI setuju, apabila tak ada yang salah dengan pelaksanaan reklamasi. “Saya terima kasih kepada Menko Maritim, KLHK, KKP supaya polemik ini selesai. Kita sepakat reklamasi, tak ada yang salah. Ini inisiatif baik dari Menko. Kalau enggak, saya diserang melulu,” ujar Ahok.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Ahok Bersikeras Tidak Menghentikan Reklamasi

Ahok menilai, selama ini pelaksanaan megaproyek itu terdapat tumpang tindih peraturan. Publik yang tidak memahami dengan baik persoalan ini mungkin menganggap bahwa ada kelalaian pemerintah propinsi, padahal kekisruhan ini disebabkan oleh tidak tertibnya regulasi mengenai reklamasi. Ahok pun, meski semula takut akan gugatan karena penghentian reklamasi, kini ia mengaku tak khawatir lagi karena sudah ada dukungan dari kementerian. “Kita sadar ada tumpang tindih peraturan,”ujar dia.

Sementara, Rizal Ramli menjawab ketakutan akan adanya gugatan dari para pengembang. “Nggak usah khawatir. UU jelas, siapa yang berani gugat Rizal Ramli? Pak Ahok bisa fokus ke keputusan, kali ini ada landasan hukum. Jangan khawatir,” kata Rizal (HH/Foto: Ist)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.