November 29, 2022
Pembangunan ruas tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu
Pembangunan ruas tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu

WARTAPROPERTI.COM | Dari 4 kota di dalam lingkup Bodetabek atau Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, manakah kota yang memiliki pilihan akses paling banyak untuk masuk ke Jakarta? Jawabannya adalah Kota Bekasi. Pasalnya, jika dihitung secara mendetail, maka ada sekira 7 pilihan akses yang tersedia untuk warga Bekasi jika hendak masuk Jakarta. Tujuh akses ini terdiri dari 2 akses tol dan 5 akses non tol. Belum lagi jika nanti ruas tol Becakayu (Bekasi, Cawang, Kampung Melayu) sudah beroperasi, maka bertambah lagi 1 pilihan akses ke Jakarta bagi warga Kota Bekasi.

Banyaknya pilihan akses bagi warga Kota Bekasi yang hendak ke Jakarta maupun sebaliknya, adalah hal yang wajar meski jika dilihat dari tingkat kepadatan kendaraan saban harinya, jumlah ini pun masih kurang lantaran tujuh ruas itu pun masih selalu macet.

Baca juga: Mei 2016, LRT Jakarta Mulai Dibangun

Belum ada data terbaru yang bisa digunakan untuk mengukur secara valid, namun dari data yang dikeluarkan Dinas Perhubungan DKI Jakarta 2013, kita dapat menyaksikan betapa fantastisnya  arus kendaraan keluar nasuk kota Jakarta. Data itu menyebutkan, Jakarta setiap hari kedatangan 3,67 juta jiwa yang membawa 1,91 juta kendaraan pribadi.

Dari jumlah itu, sekitar 36 persen atau 1,33 juta jiwa yang membawa 700.000 kendaraan pribadi berasal dari Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Mereka adalah para pekerja ulang-alik Bekasi-Jakarta yang menimbulkan 2,52 juta perjalanan.

Data serupa dilansir Jabodetabek Public Transportation Policy Implementation Strategy (Japtrapis). Japtrapis mencatat, tak kurang dari 2,5 juta perjalanan datang dari Bekasi. Adapun kontribusi dari Bogor dan Depok sebesar 2,2 juta perjalanan. (FL/Foto: Ist)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.