November 28, 2022
Beginilah suasana di Homestay
Beginilah suasana di Homestay

WARTAPROPERTI.COM | Tekad pemerintah untuk mengembangkan industri pariwisata di Indonesia, kini orientasinya lebih membumi. Porsi keterlibatan masyarakat untuk dapat menikmati langsung kemajuan pariwisata pun semakin diperbesar. Salah satunya adalah inovasi di bidang pembiayaan properti yang mendukung pariwisata sepeti yang dilakukan Bank Tabungan Negara (BTN) baru baru ini. Bank ini akan menyalurkan pembiayaan untuk pembangunan 100 ribu homestay di berbagai destinasi wisata unggulan Indonesia.

Selain itu, BTN juga akan membiayai pembangunan 50 ribu sarana toilet publik. Pembiayaan ini bagian dari dukungan BTN terhadap  program pemerintah di di bidang pariwisata.

“Kami ingin ikut berpartisipasi di sektor pariwisata karena sektor ini akan meningkatkan daya beli masyarakat termasuk untuk membeli rumah. Jadi, program ini salah satu upaya untuk percepatan program satu juta rumah,” ujar Maryono, Direktur Utama Bank BTN, saat penandatanganan MOU bersama Menteri Pariwisata dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jakarta, Kamis (28/4).

Ada 10 destinasi wisata yang menjadi lokasi pembangunan homestay dan toilet public, yaitu Mandalika, Labuan Bajo, Pulau Morotai, Tanjung Kalayang, Danau Toba, Wakatobi, Gunung Bromo, Candi Borobudur, Tanjung Lesung, dan Kepulauan Seribu.  Maryono mengatakan pariwisata memberi kontribusi penting terhadap perekonomian nasional. Masuknya wisatawan asing menjadi sumber devisa negara tidak kecil.

“Selain bentuk dukungan kepada Kementerian Pariwisata ini juga kerja sama lebih lanjut BTN dengan kementerian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Kementerian Pariwisata adalah mitra kami untuk pelayanan fasilitas kredit bagi para pegawainya,” imbuhnya. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.