November 29, 2022
Viva Yoga Ananta, berbaju hitam di tengah diskusi
Viva Yoga Mauladi, berbaju hitam di tengah diskusi

WARTAPROPERTI.COM | Keputusan pemerintah mengentikan sementara proses reklamasi teluk Jakarta dan membentuk  joint committee untuk meninjau ulang ijin reklamasi diapresiasi anggota DPR RI. Namun, pemerintah pusat juga diminta agar benar-benar mengefektikan kerja joint committee untuk bekerja cepat dan tegas. Hal ini dimaksudkan agar dapat dirumuskan segera bentuk keputusan yang resmi dan mengikat dalam rangka penegakan hukum.

Demikian dikemukakan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga Mauladi dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu, 23/4/2016. “Kami mengapresiasi pemerintah untuk membentuk tim terpadu (joint committee), cuma produktivitasnya harus cepat dan penegakan hukumnya juga harus tegas.”

Yoga meminta joint committee untuk mempercepat pembentukan solusi jangka pendek kepada masyarakat tergusur, ekosistem yang tercemar, dan penghentian kegiatan reklamasi baik konstruksi atau penambangan pasir. Tim tersebut, lanjut Yoga, harus mampu mengimplementasikan undang undang yang ada dan harus direalisasikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Selain itu, joint committee juga harus bisa menghasilkan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) yang komprehensif agar masyarakat sekitar Teluk Jakarta tidak termarjinalisasi. “Harus komprehensif supaya tidak ada lagi penggusuran dan memaksa nelayan tinggal di rumah susun yang notabene bukan merupakan habitatnya,” jelas Yoga. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.