December 6, 2022
Jembatan Merah Putih Kota Ambon, Maluku
Jembatan Merah Putih Kota Ambon, Maluku (Foto: Eddie Likumahua)

WARTAPROPERTI.COM | Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dipastikan hari ini (4/4/2017), akan berada di Ambon. Di kota ini, Jokowi akan meresmikan bangunan Jembatan Merah Putih yang terletak di kota Ambon. Jokowi akan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Jembatan Merah Putih adalah sebuah jembatan  yang terletak persis di Teluk Dalam Ambon. Ia membentang sepanjang 1.140 meter sehingga menjadikannya sebagai jembatan terpanjang di timur Indonesia. Infrastruktur  ini menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka), Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Desa Hative Kecil  atau Galala, Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.

Pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran dari pos Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 772,9 miliar untuk proyek ini. Jembatan Merah Putih dibangun untuk menunjang pengembangan fungsi kawasan Teluk Ambon sesuai dengan Tata Ruang Kota Ambon.

Jembatan Merah Putih diharapkan dapat mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari Kota Ambon menuju Bandara Pattimura dan sebaliknya, sehingga biaya operasional kendaraan dapat berkurang. Karena, selama ini jarak Bandara Internasional Pattimura ke Kota Ambon yang sekira 35 kilometer itu harus ditempuh selama 60 menit karena harus berputar menyusuri Teluk Ambon. (FL/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.