December 6, 2022

WARTAPROPERTI.COM | Lukisan adalah salah satu karya seni yang tak pernah bisa ditempatkan jauh dari properti. Di dalam rumah yang mewah, terdapat lukisan nan mahal. Meski karya tersebut tidak selalu keluar dari pintu rumah nan mewah.

Hari ini, jika Anda berselancar di dunia maya, maka Anda akan menemukan berbagai sumber yang merilis tentang 10 lukisan termahal di dunia yang pernah terjual. Tidak semua list tersebut benar adanya. Setidaknya itu disampaikan oleh www.theartwolf.com.

Berikut ini 10 lukisan termahal yang pernah laku terjual dengan data yang valid sebagaimana dirilis situs karya seni tersebut:

PAUL GAUGUIN

Karya PAUL GAUGUIN, berjudul Nafea faa ipoipo
Karya PAUL GAUGUIN, berjudul Nafea faa ipoipo

Karya pelukis ini berjudul “Nafea faa ipoipo? (When will you marry?)”,  yang dibuat pada tahun 1892. Pada awal 2015, lukisan ini dibeli oleh Qatar Museums dari penjual keluarga Rudolf Staechelin seharga 300 juta dolar atau senilai Rp3.9 triliun. Pembelian melalui prvate selling, bukan lelang.

 

Ini adalah salah satu lukisan karya Gauguin yang telah direproduksi dalam berbagai bentuk. Lukisan berceritera tentang sepasang wanita asli Tahiti, salah satu mengenakan busana tradisional dan satunya lagi dengan wajah serius mengenakan pakaian moderen.

 

 

Baca juga: Bekasi, Kota dengan Akses Paling Banyak Menuju Jakarta

 

 

 

 

 

PAUL CÉZANNE

Lukisan Cezenna berjudul Card Players
Lukisan Cezenna berjudul Card Players

Lukisannya berjudul The Card Players atau pemain kartu,  yang dibuat oleh Cezanne pada tahun 1892/93. Pada tahun 2011 lalu, keluarga bangsawan Qatar telah membelinya dari George Embiricos seharga 250 juta dolar atau setara dengan Rp3,25 triliun.  Pembelian melalui prvate selling, bukan lelang.

Kekuatan dari karya lukisan ini adalah pada ekspresi wajah dua orang pemain kartu yang mampu digambarkan oleh pelukisnya dengan maksimal. Lukisan ini pula yang menjadi karya terakhir dari Cezanne yang masih beredar di tangan privat.

 

Karya Pablo Picaso, Les Femmes d’Alger
Karya Pablo Picaso, Les Femmes d’Alger

PABLO PICASSO
Siapa yang tak kenal Pablo Picaso? Lukisannya berjudul “Les Femmes d’Alger (Version “O”)” yang dibuatnya pada tahun 1955, pada tahun 2015 lalu terjual seharga 179,4 juta dolar atau sekira Rp2,273 triliun, melalui sebuah lelang di balai lelang Christie’s New York. Penjualnya adalah seorang kolektor personal asal Arab Saudi dan pembelinya tidak diketahui.

 

 

 

 

AMEDEO MODIGLIANI

MODIGLIANI dengan karya lukisannya berjudul "Nu couché" (Reclining Nude)
MODIGLIANI dengan karya lukisannya berjudul “Nu couché” (Reclining Nude)

Lukisan wanita telanjang ini berjudul “Nu couché (Reclining Nude)”, yang dibuat oleh pelukisnya pada tahun 1917-18. Lukisan ini terjual di balai lelang Christie’s New York pada November 2015. Penjualnya adalah seorang kolektor dan dibeli oleh Liu Yiqian seharga 170,4 juta dolar, atau sekira Rp2,215 triliun.

 

 

 

 

PABLO PICASSO

Karya Pablo Picasso,  "La Rêve (The Dream)
Karya Pablo Picasso,
“La Rêve (The Dream)

Lagi, pelukis kenamaan Pablo Picaso melalui lukisan berjudul “La Rêve (The Dream)” pada tahun 1932 telah terjual di harga 155 juta dolar atau sekitar Rp2,05 triliun. Penjualan melalui private selling antara Steve Wynn (penjual) dan Steven A. Cohen (pembeli).

Sumber: Artwolf.com (FL/Foto: artwolf.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.