November 27, 2022
Jokowi dan Ahok, mencari jalan tengah reklamasi
Jokowi dan Ahok, mencari jalan tengah reklamasi

WARTAPROPERTI.COM | Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan ini memimpin rapat terbatas yang membahas reklamasi pantai yang sedang menjadi berita hangat dalam beberapa waktu belakangan ini. Selain dihadiri sejumlah menteri, di dalam rapat ini juga terlihat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama dan wakil ketua KPK La Ode M. Syarif. Di dalam dapat ini, Jokowi mengatakan, kondisi pemukaan tanah di Ibu Kota sangat memprihatinkan. Bahkan, wilayah Jakarta Utara tidak tertutup kemungkinan berada di bawa permukaan laut pada tahun 2030 mendatang.

“Data yang saya terima, pemukaan tanah sangat mengkhawatirkan. Diperkirakan, seluruh Jakarta Utara akan berada di bawah permukaan laut (tahun) 2030,” ujar Presiden, Rabu (27/4/2016) di Istana Negara.

Itu sebabnya, Presiden Jokowi meminta agar hal ini tidak dikerucutkan dengan reklamasi pantai Jakarta. Presiden juga mengatakan, proyek tanggul raksasa atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), bisa menjadi jawaban permasalahan ini.

“Sebagai Ibu Kota, DKI haru memiliki pertahanan dan daya dukung lingkungan yang berkelanjutan. Baik dalam penyediaan kualitas air bersih, air minum, mitigasi penurunan permukaan tanah, pengelolaan air limbah revitalisasi sungai dan banjir,” tandas mantan Wali Kota Solo ini.

Rapat ini juga memutuskan reklamasi boleh dilanjutkan dalam waktu kurang lebih enam bulan ke depan, dengan sejumlah syarat. Apa sajakah itu? Baca di sini: Jokowi: Reklamasi Boleh Dilanjutkan, Tetapi… (FL/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.