December 6, 2022
Terminal Penumpang Bandara Internasional Soekarno Hatta
Terminal Penumpang Bandara Internasional Soekarno Hatta

WARTAPROPERTI.COM | PT Angkasa Pura II (Persero (AP II) yang memiliki 13 bandara di Indonesia, antara lain Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdanakusumah, saat ini tengah mengembangkan Terminal 3 Ultimate di Bandara Internasional Soekarno Harra, Tangerang. Perseroan menargetkan proyek ini rampung pada Maret 2017 dan saat beroperasi, Terminal 3 Ultimate akan melayani penerbangan internasional dan penerbangan Garuda Indonesia.

“Bulan Maret 2017 semua penerbangan Internasional dan Garuda Indonesia itu akan pindah ke Terminal 3,” ujar Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi di Bursa Efek Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (12/4/2016).

Selain Terminal 3 Ultimate, AP II juga menyebut Kereta Bandara siap beroperasi pada Maret 2017. Untuk pengembangan kereta bandara, AP II bekerja sama dengan PT KAI.  Sebagaimana diketahui, KAI membangun rel dan stasiun di sisi Jakarta, sedangkan AP II membangun stasiun di sisi bandara. Pengoperasiannya akan dilakukan oleh anak usaha patungan AP II dan KAI, yaitu PT Railink. “Selesai sama dengan kita mengoperasikan Terminal 3 Ultimate Maret 2017,” sebutnya.

Selain kedua proyek itu, AP II memperoleh penawaran dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. DKI menawarkan gagasan untuk menyambungkan Bandara Soetta di Tangerang dan Jakarta dengan jaringan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT). Namun, pengembangan LRT masih sebatas pembicaraan awal.

“Sekarang kereta bandara yang dari Manggarai ke Soekarno-Hatta. Kita juga akan bekerja sama dengan DKI membuat LRT dari Kelapa Gading ini idenya DKI. Kelapa Gading-Ancol-Pluit-Kapuk-Bandara. LRT ini baru rencana,” sebutnya. (FL/Dtk)

Leave a Reply

Your email address will not be published.