December 6, 2022
Perumahan bersubsidi di Jabodetabek
Perumahan bersubsidi di Jabodetabek

WARTAPROPERTI.COM | Anda pasti heran, apakah benar masih ada rumah di Jabodetabek yang cicilannya hanya Rp900 ribu per bulan? Ya, memang benar. Di kawasan industri Cikarang masih ada perumahan yang masuk dalam skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang memberikan  bunga hanya 5 persen sepanjang periode kredit dengan uang muka yang sangat ringa, sehingga cicilannya pun seringan itu.

Perumahan Green Sentosa Asri di Jalan Pilar Sukatani Km. 8, Karang Sentosa, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat, yang dikembangkan oleh PT Sakura Sejahtera adalah satunya. Di sini ditawarkan rumah tipe 32/60 seharga Rp150 juta sehingga cicilan KPR-nya hanya Rp1 selama 15 tahun atau Rp900 ribuan untuk 20 tahun. Sementara uang muka sebesar Rp19 juta dan biaya peningkatan mutu yang jumlahnya mencapai Rp15 juta.

“Rp19 juta ini sudah all in atau mencakup semua termasuk untuk biaya-biaya legalitasnya. Untuk meringankan konsumen, Rp19 juta ini bisa diangsur selama 6 kali, jadi begitu cicil uang muka dan KPR disetujui bank, rumahnya juga sudah langsung bisa dihuni. Tipe lainnya yang non subsidi tipe 36/72 seharga Rp235 juta,” ujar Bunga, Marketing Green Sentosa Asri, sebagaimana dikutip dari housing-estate.com, akhir bulan ini.

Green Sentosa Asri dibangun di atas lahan seluas 7 ha yang mencakup 400 unit rumah. Saat ini yang ditawarkan hanya tipe subsidi dan 36/72 karena tipe yang lebih besar sudah sold out. Developernya juga memberikan diskon sebesar Rp10 juta sehingga tipe 36/72 bisa dibeli dengan uang muka Rp35 juta all in dan langsung bisa proses KPR. Saat ini sebanyak 50 KK sudah menghuni perumahan ini.

“Cikarang itu perkembangan propertinya sangat luar biasa. Harga properti di sini juga semakin mahal karena didorong oleh kawasan industri dan fasilitas maupun infrastruktur yang semakin lengkap. Ke depannya, properti di sini akan banyak dicari dan rumah bersubsidi tidak akan mungkin lagi dibangun di sini, jadi ini piece terakhir,” tandas Bunga. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.