November 27, 2022
Ali Tranghanda, CEO Indonesia Property Watch
Ali Tranghanda, CEO Indonesia Property Watch

WARTAPROPERTI.COM | Lembaga riset properti nasional, Indonesia Prooperty Watch (IPW) hari ini (Jumat/15/4/2016) merilis hasil survey tren kenaikan penjualan properti di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi plus Serang. Dari hasil survei ini, IPW menyimpulkan bahwa pasar perumahan belum bergerak stabil. BI Rate yang berada di level 6,75% belum dapat mengangkat daya beli masyarakat, menyusul suku bunga KPR perbankan yang belum juga kunjung turun.

Demikian dikemukakan oleh IPW merujuk kepada riset yang dilakukan terhadap proyek-proyek perumahan di wilayah studi Jabodebek-Banten. Dalam riset ini, terlihat bahwa nilai penjualan di triwulan I/2016 mengalami penurunan sebesarĀ  -23,1% (qtq) dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 55,75% (qtq) menjadi sebesar Rp 1.247.040.823.235 bahkan nilai ini masih lebih rendah -54,09% (yoy) dibandingkan triwulan yang sama tahun sebelumnya.

Ali Tranghanda, Chief Executive Officer IPW mengatakan, “Penurunan ini sejalan dengan prediksi Indonesia Property Watch pada triwulan sebelumnya yang mengungkapkan bahwa kenaikan penjualan yang terjadi pada triwulan IV/2015 belum dapat dijadikan pola tren kenaikan pasar perumahan di triwulan berikutnya.”

Ali juga menambahkan, hampir semua wilayah di Jabodetabek-Banten mengalami penurunan nilai penjualan. Namun di tengah kondisi yang berat ini, segmen menengah masih menguasai tingkat penjualan sebesar 52,19% dibandingkan dengan segmen besar 28,27% dan kecil 19,54%. Kondisi ini berbeda dengan komposisi sebelumnya dimana segmen besar sempat mendominasi penjualan pada triwulan sebelumnya.

Hal menarik terjadi dalam perkembangan penjualan di triwulan I/2016 di wilayah Bogor sebagai wilayah satu-satunya yang mengalami kenaikan yaitu sebesar 11,8%, khususnya di segmen menengah yang naik mencapai 70,3%. Sementara itu Bekasi yang pada triwulan sebelumnya mengalami kenaikan cukup tinggi secara nilai mengalami penurunan -6,2% pada triwulan pertama 2016 ini. (FL/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.