December 6, 2022
Salah satu apartemen di Jakarta Barat
Salah satu apartemen di Jakarta Barat

WARTAPROPERTI.COM | Prediksi sejumlah pengamat properti yang mengatakan bahwa pasar properti 2016 akan recovery dan berangsur membaik, tampaknya masih perlu waktu yang belum jelas berapa lama, untuk membuktikan analisis ini. Kendati tahun 2016 dimulai dengan indikator ekonomi yang lebih baik dari akhir 2015 silam, namun hal ini tidak terefleksi dalam beberapa segmen di pasar properti nasional. Sebut saja, pasar apartemen dan kondominium Jakarta yang mengalami penurunan penjualan hingga 50%.

Pada triwulan I tahun 2016, konsultan properti, Jones Lang LaSalle (JLL) mencatat hanya ada 1.400 unit apartemen dan kondominium yang terjual pada periode Januari-Maret 2016. Bandingkan dengan triwulan IV akhir tahun silam yang menyentuh angka 3.000 unit. Head of Research JLL, James Taylor pekan lalu di Jakarta mengatakan, pasar kondominium residensial penjualannya tidak buruk. Memang tengah terjadi penurunan sales rate, suplai yang juga terbatas membuat penyerapannya juga terbatas.

Pada kuartal depan, menurut Taylor, permintaan sekaligus penjualan hunian vertikal tersebut diprediksi tetap akan tumbuh baik asalkan kondisi perekonomian bisa tetap stabil seperti saat sekarang. “Ke depan sentimen pasar sangat dipengaruhi kondisi perekonomian, stabilitas rupiah, dan perpajakan. Kalau semua itu diperbaiki, penjualan kondominium akan bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.

Head of residential JLL, Luke Rowe menambahkan, terdapat penurunan permintaan pada sektor kondominium. Kalaupun ada, itu disumbang oleh apartemen di kelas menengah. “Permintaan pada kondominium secara umum ada pelemahan dibanding penghujung 2015. Jika tahun lalu rata-rata tingkat penjualan 77%, pada triwulan tahun ini mengalami penurunan di 72%. Permintaan kelas menengah lebih besar daripada kelas mewah, karena harga yang lebih terjangkau,” ujar Rowe.

Kondisi ini membuat JLL memerkirakan, para pengembang akan lebih berhati-hati meluncurkan proyek baru di sepanjang tahun 2016 ini. Kendati demikian, mereka optimis, pasar terus menggeliat dan proyek baru tetap akan hadir di pasar. (FL/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.