December 3, 2022
Penghapusan three in one sebabkan lonjakan kendaraan
Penghapusan three in one sebabkan lonjakan kendaraan

WARTAPROPERTI.COM | Kebijakan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta meniadakan ruas three in one selama masa uji coba awal April silam ternyata memberikan dampak yang signifikan.Telah terjadi lonjakan jumlah kendaraan di ruas Sudirman-Thamrin rata-rata setinggi 24,35% setiap harinya. Juga, arus lalu lintas di kawasan itu pada pagi hari pun terlihat lebih lancar.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansyah merekomendasikan agar three in one (3 in 1) kembali diberlakukan lagi pada sore hari pukul 16.30 hingga 20.00 WIB. Mereka juga mengusulkan untuk memperluas pembatasan lalu lintas untuk sepeda motor dari Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan MH Thamrin (Bunderan HI), Jalan Jenderal Sudirman (Bundaran Senayan).

“Kami juga merekomendasikan perluasan kawasan pembatasan lalu lintas untuk sepeda motor, dari Jalan Medan Merdeka Barat-MH Thamrin (Bundaran HI)-Jenderal Sudirman (Bundaran Senayan),” ujar dia, Selasa (3/5/2016).

Andri telah menyiapkan solusinya, yakni melakukan rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus sebelum dan sesudah masuk kawasan; merekayasa pengaturan lampu Lalu lintas sepanjang kawasan; menempatkan anggota untuk pengaturan lalu lintas sepanjang kawasan dan pada lokasi jalan alternatif.

“Meningkatan pelayanan angkutan umum Transjakarta (BRT dan non-BRT) dengan penambahan armada Transjakarta dan Berkoordinasi dengan Polri (Sterilisasi Jalur Busway) dengan melakukan penindakan pelanggaran kendaraan masuk jalur busway,” ujarnya. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.