November 27, 2022
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Dianny
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Dianny

WARTAPROPERTI.COM | Publik harus segara disosialisasikan mengenai bagaimana bagaimana prosedur yang harus ditempuh jika seseorang atau pihak tertentu ingin merobohkan gedung milik mereka. Apalagi di Jakarta saat ini, sudah mulai nampak banyak bangunan tua dengan banyak lantai yang harus segera diregenerasikan dengan bangunan baru. Jika salah melakukan tindakan pembongkaran, risiko tinggi pun sudah menunggu, sebagaimana yang terjadi pada Gedung Panin di Bintaro Sektor 7 beberpa waktu lalu.

Pembongkaran gedung tinggi harus melalui kajian teknis serta didampingi konsultan dan kontraktor bersertifikat. Langkah ini harus dipenuhi karena proses pembongkaran itu berisiko. Pemilik gedung harus melaporkan rencana pembongkaran itu kepada pemerintah kota dan selanjutnya Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG) akan mengkaji dan memberikan rekomendasi.

“Rekomendasi yang diberikan di antaranya pembongkaran harus didampingi oleh konsultan bersertifikat dan dilakukan oleh kontraktor yang bersertifikat,” kata Sekretaris Dinas Tata Kota dan Permukiman Tangerang Selatan Mukkodas Syuhada.

Sementara itu, Wali Kota¬† Tangerang Selatan Airin Rachmi Dianny mengatakan, pemilik gedung itu, tidak mengantongi izin dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Hal itu diungkapkan saat Airin mengunjungi lokasi gedung pada Jumat (3/6/2016) pagi. “Yang pasti, yang dilakukan pemilik gedung tidak berizin ataupun tidak meminta izin kepada kami,” kata Airin.

Airin mengatakan, ketentuan untuk membangun atau merobohkan bangunan tertuang dalam peraturan daerah (Perda) terkait yang harus mendapatkan persetujuan dari Wali Kota berdasarkan asistensi dari tim ahli bidang bangunan. Hingga bangunan mulai dirobohkan secara bertahap oleh pekerja yang disuruh pihak Panin sejak Mei 2016, Pemerintah Kota Tangerang Selatan belum menerima informasi dari pemilik gedung.

“Dan mereka ini tidak mengajukan izin untuk merobohkan bangunan, tapi izin untuk keluar masuk proyek saja,” tutur Airin. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.