November 28, 2022
Ir. Ciputra (tengah) dan Candra Ciputra (kiri)
Ciputra Group, Ir. Ciputra (tengah) dan Candra Ciputra (kiri)

WARTAPROPERTI.COM | Menanggapi permintaan para investornya untuk dilakuan peleburan atau merger anak usahanya,Ciputra Group siap menggabungkan tiga anak usaha di bawah satu bendera. Tiga anak usaha itu masing-masing, PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Ciputra Property Tbk (CTRP), dan PT Ciputra Surya Tbk (CTRS). Mereka akan disatukan di bawah bendera CTRA.

Demikian dikemukakan CEO Ciputra Group Candra Ciputra di sela-sela Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan buka puasa bersama media, di Jakarta, Rabu (15/6/2016). “Banyak yang mendesak kami, karena orang bingung mau (pilih) investasi di mana. Mereka bingung. Karena itu kami putuskan untuk merger,” ujar Candra.

Menurut Candra, rencana ini sesungguhnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Namun, karena proses perhitungan pajak belum tuntas, rencana tersebut pun belum dapat dijalankan. Di samping itu, proses penggabungan tiga entitas ke dalam CTRA pun belum dimulai karena masih banyak hal yang harus diselesaikan.

Dalam RUPS itu, Ciputra Group juga mengumumkan kinerja korporasi selama lima bulan pertama tahun ini. CTRA mencatat¬†marketing sales senilai Rp 2,6 triliun atau 28,5 persen dari target tahunan sebesar Rp 9,3 triliun. “CTRA optimistis dapat mencapai target tahunan seiring makin positifnya indikator makro ekonomi Indonesia yang ditunjukkan penurunan tingkat suku bunga pinjaman. Sementara itu,¬† CTRS dan CTRP masing-masing membukukan¬†marketing sales sebesar Rp 1,3 triliun dan Rp 313 miliar.”

Lebih lanjut Candra mengatakan, CTRA akan merilis 6 proyek residensial baru. Lima proyek dimaksud, akan berada di bawah CTRA, sementara itu satu proyek lainnya akan ada di bawah CTRS. Kelima proyek tersebut terdiri dari CutraGarden Hills seluas 54 hektar dan CitraGarden Angsana 20 hketar di Samarinda, Kalimantan Timur. Citra AeroLink yang merupakan proyek pergudangan seluas 21 hektar di Batam, CitraLand Cileungsi seluas 86 hektar dan Grand Cipete yang merupakan apartemen dengan lahan berdimensi 4,8 hektar di Jakarta Selatan. Lantas, satu proyek di bawh CTRS adalah Babarsari Junction, sebuah area komersial seluas 2 hektar di Yogyakarta. (PP/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.