December 3, 2022
Gedung yang roboh di Bintaro Sektor 7
Gedung yang roboh di Bintaro Sektor 7

WARTAPROPERTI.COM | Gedung ini sudah belasan tahun berdiri di belakang Bintaro Trade Center, persis di boulevard Bintaro Jaya. Namanya Gedung Panin, yang nampak jelas tidak terawat di hamparan kawasan yang harga tanah permeter perseginya sudah menyentuh Rp20 juta itu. Hari Kamis lalu (02/06/2016), gedung ini dikabarkan roboh yang menimbulkan kabut debu di kawasan sekitar tepatnya di Bintaro Jaya Sektor 7. Belakangan diketahui, robohnya gedung ini karena aktifitas pembongkaran yang dilakukan oleh pihak-pihak yang ditugaskan pemilik gedung.

“Pihak ketiga yang membongkar gedung sejak awal Mei ini sepertinya ingin ekonomisnya saja. Sebab, membongkar gedung dari atas biayanya lebih besar. Mereka malah membongkar dari bawah untuk mengambil besi-besinya,” kata Sekretaris Dinas Tata Kota dan Permukiman Kota Tangerang Selatan Mukkodas Syuhada, Jumat (3/6/2016).

Pihak kepolisian, kata Kepala Kepolisian Resor Tangsel Ajun Komisaris Besar Ayi Supardan, menyerahkan persoalan gedung itu ke Pemkot dan pengelola untuk diselesaikan. Selama menunggu hasil, jalan di bagian depan gedung masih ditutup.
gedung panin bintaro
“Kami mendukung agar gedung itu segera ditangani. Jika ingin dibongkar dan dibangun kembali, segera dibongkar agar tidak terus didiamkan dan membahayakan orang lain,” kata Ayi.

Ayi mengatakan, pekerja yang membongkar gedung telah diperiksa. Sejauh tidak ada korban atau kerugian material, maka tidak ada pelanggaran pidana.

Paulus Indra Intan dari Property Development Panin Grup, mengaku, tidak mengetahui bahwa merobohkan gedung membutuhkan izin khusus. Gedung itu, kata dia, akan dirobohkan dan diganti dengan bangunan baru karena gedung itu tidak memiliki lahan parkir bawah tanah. Ia menyatakan siap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan Pemkot Tangsel setelah ada rekomendasi Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG). (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.