November 27, 2022
Harga rumah Bekasi masih jauh di bawah Serpong dan Bintaro
Harga rumah Bekasi masih jauh di bawah Serpong dan Bintaro

WARTAPROPERTI.COM | Mochtar Riady, pendiri Lippo Group dalam sebuah pernyataannya pada Agustus 2015 lalu mengatakan, kawasan Bekasi-Cikarang akan menjadi Shenzen-nya Indonesia. Tentu saja penyataan sang taipan ini tidak lepas dari kehadiran proyek milik Lippo sejak awal 1990-an silam yakni Lippo Cikarang yang kini diperkokoh lagi dengan kehadiran Orange County yang membentuk sebuah segitiga emas di kawasan itu yakni Kota Jababeka, Lippo Cikarang dan Delta Mas milik Sinar Mas Land. Namun satu hal yang jangan diabaikan, sekalipun dilambung setinggi langit, harga rumah Bekasi, jauh di bawah Serpong.

Hal ini bisa terlihat dari populasi rumah di kisaran harga Rp300 juta hingga Rp500 juta. Jangankan Serpong, di area luar Serpong seperti Cisauk, Gunung Sindur, Pamulang, Kelapa Dua dan Gading Serpong saja, rumah harga segitu sudah sulit ditemukan. Di Serpong, rumah yang dipasarkan oleh developer besar rata-rata sudah melampaui angka Rp1 miliar. “Tahun lalu, Paramount Serpong masih memasarkan rumah di bawah Rp1 miliar, tetapi luas tanah hanya sekitar 40-an m2,” ungkap Ridwan Goh, seorang principal agen properti di Serpong.

Menurut pakar properti, Panangian Simanungkalit lonjakan harga properti di Serpong ini terjadi lantaran tingginya aksi spekulasi para investor properti di kawasan ini. Indikatornya, hingga kini masih banyak terlihat properti yang sudah sold out tetapi masih kosong. “Jadi investor membeli dan menunggu saat yang tepat untuk dijual lagi, jadi bukan konsumen properti yang end user,” ungkap Simanungkalit.

Sebaliknya di Bekasi, jangankan rumah seharga Rp500-an juta, di sejumlah titik seperti Cibarusa atau Bekasi Utara, masih tersedia rumah seharga Rp300-an juta. Bahkan di Bekasi masih tersedia rumah bersubsidi yang dipasarkan dengan harga Rp130-an juta. Hal ini yang membuat Bekasi kalah menarik dibandingkan Serpong, buat para investor properti. (PP/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published.