November 27, 2022
Kereta api cepat Jakarta-Bandung
Kereta api cepat Jakarta-Bandung

WARTAPROPERTI.COM | ProgresĀ  pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung yang digadang-gadang oleh pemerintahan Jokowi, mulai menunjukan perkembangan. Setelah ijin pembangunanĀ  prasarana kereta sepanjang 5 km yang sudah diberikan terlebih dahulu, dalam waktu dekat ijin pembangunan KA Cepat akan mencapai 56,8. Demikian diungkapkan Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Budicahyono di Jakarta, kemarin (21/6/2016).

“Izin pembangunan, dari 142 km itu kira-kira sekitar 40% akan kita berikan,” kata Budicahyono.

Pengembangan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini dilakukan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Rencananya pekan depan, pemerintah akan mengeluarkan ijin ini. Dari jalur sepanjang 142 km, saat ini, ijin pembangunan baru sepanjang 5 km.

Pemberian izin baru ini, sambung dia, seiring sudah diperolehnya kejelasan status lahan yang bakal dipakai atau dilewati lintasan kereta cepat. “Prinsipnya, yang sudah dikuasai adalah lahan PTPN VIII , lahan milik PT Kereta Api Indonesi (KAI) yang akan jadi Stasiun Padalarang dan Jasa Marga (pinggiran jalan tol yang juga dilewati lintasan kereta cepat),” paparnya.

Sejumlah jalur kereta cepat bakal dibangun di pinggir jalan tol. Adapun sejumlah jalan tol yang lahannya dilintasi proyek kereta cepat adalah dari Halim sampai dengan Km 39 Tol Jakarta-Cikampek. Kemudian dari Km 85 di daerah Purwakarta terus melewati pinggiran Tol Cipularang. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.