December 6, 2022
Pengerjaan ruas tol Cimanggis-Cibitung yang tersendat
Pengerjaan ruas tol Cimanggis-Cibitung yang tersendat

WARTAPROPERTI.COM | Penantian panjang warga Kabupaten Bogor dan Bekasi yang sejak lama menanti kepastian pembangunan ruas tol Cimanggis-Cibitung, sepertinya akan berakhir. Proyek yang sudah dimulai sejak 2006 itu, Selasa (21/06/2016) ditinjau langsung oleh  Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi  memutuskan, proyek ini terpaksa diambil alih oleh pemerintah karena pembangunan mangkrak. Jokowi janjikan tol Cimanggis-Cibitung rampung pada 2018.

“Ini satu lagi yang bermasalah, sudah sejak 2006. Jadi kita ambil alih dari swasta dan sekarang dikerjakan oleh PT Waskita. Ya nggak dikerja-kerjakan. Konsesi sudah diberikan tapi nggak dikerjakan. Ya ambil lagi. Memang milik kita kok,” kata Jokowi di lokasi Tol Cimanggis-Cibitung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa (21/6/2016).

Kepada wartawan, Jokowi mengatakan bahwa saat ini masih berlangsung proses pembebasan lahan. Namun, ia mengatakan, ruas tol sepanjang 26 km itu akan dikerjakan secara sungguh-sungguh. Itu sebabnya, menurut dia gugatan beberapa pemilik lahan sepanjang rencana ruas tol ini akan segera dituntaskan.

“Ini memang ada satu dua titik yang digugat. Tapi yang penting, ini untuk kepentingan satu juta orang. Nggak bisa dikalahkan satu dua orang. Proyek ini harus bisa jalan untuk mengatasi kemacetan yang tiap pagi berkilo-kilo. Kita harapkan duitnya Rp 1,5 triliun sudah siap dan pembebasan semoga nggak ada masalah,” katanya.

Selain ruas tol ini, Jokowi pada hari yang sama juga meninjau beberapa proyek jalan tol, seperti Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi),  Tol Depok-Antasari dan peninjauan Jalan Layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu. Proyek-proyek ini dikatakan Jokowi sudah lama dimulai, namun tak kunjung selesai.

“Ada yang 50 km, ada yang 25 km, ada yang 22 km. Itu berhenti semua. Saya mau tahu ada apa ini nggak jalan-jalan. Kenapa? Ternyata paling tidak sudah diambil alih. Ada yang sudah jalan kayak tadi Bocimi. Dan ini yang ini (Cimanggis-Cibitung) baru mulai, tidak apa-apa, sambil pembebasan lahan,” kata Jokowi. (FL/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.