December 3, 2022
Dekorasi ruang tamu dengan nuansa Timur Tengah
Dekorasi ruang tamu dengan nuansa Timur Tengah

WARTAPROPERTI.COM | Bulan Ramadhan tinggal hitungan jam. Hal terpenting adalah persiapan hati untuk menjalankan ibadah di bulan suci ini. Selebihnya, tidak sedikit dari umat muslim yang mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengisi Ramadhan dan dalam rangka menjemput kemenangan di hari lebaran nanti.

Rumah menjadi salah satu bagian yang mendapatkan perhatian ketika memasuki bulan suci ini, terutama ketika hendak menjelang puncak kemenangan. Rumah memberikan nuansa tersendiri dalam mendukung suasana ibadah puasa untuk Anda dan kerabat seisi rumah..

Tetapkan, bagian mana yang akan didekorasi

Mengingat dekorasi adalah sebuah aktifitas yang erat kaitannya dengan kreasi dan seni yang terkadang dinamis, maka penting untuk memutuskan bagian mana-mana saja yang hendak didekorasi atau diperbaiki. Hal ini penting untuk menghindari aktifitas dekorasi yang Anda lakukan melebar kemana-mana dan membuat Anda harus mengeluarkan biaya extra. Maklum, dekorasi tanpa perencanaan yang baik berpotensi membuat Anda cenderung tidak terkendali.

Mainkan suasana rumah dengan lampu

Hal yang penting disadari adalah, hanya ada satu suasana yang harus dihadirkan dalam rumah adalah suansana dan atmosfir Islami. Artinya, dengan cara apapun, Anda pasti akan berusaha menghadirkan ini di rumah Anda. Di beberapa negara Islam seperti Mesir, mereka menambahkan ornamen lampu pada beberapa bagian rumah sebagaiĀ  tradisi untuk menyambut Ramadhan. Anda pun bisa meletakkan lampu dengan desain khas Timur Tengah untuk menambah suasana Ramadhan semakin hidup di dalam rumah. Letakkan lampu-lampu dekorasi tadi di teras rumah, ruang tamu, dan ruang makan.

Aksesoris untuk hadirkan nuansa ramadhan sepanjang hari

Jika memiliki dana lebih, Anda bisa berbelanja sedikit barang untuk menambah dekorasi rumah dengan nuansa Ramadhan semakin nyata. Misalnya, membeli sarung bantal atau stoples-stoples cantik untuk menyimpan kue kering bernuansa Maroko. Agar nuasan Ramadhan semakin semarak, Anda pun bisa menambah elemen tertentu di ruang makan atau dapur. Seperti membeli taplak meja berhiaskan gambar masjid atau ketupat.

Tata buah kurma di piring saji

Selama Ramadhan, sangat mudah mendapatkan buah kurma. Namun belilah kurma dengan kualitas terbaik agar manfaat dari buah kurma dapat Anda rasakan saat berbuka bersama keluarga. Nah, agar suasana berbuka semakin hangat dan menyenangkan, tata kurma di atas beberapa buah piring saji ukuran kecil. Lalu letakkan di beberapa tiitk di atas meja makan dan meja ruang tamu atau ruang keluarga, beberapa saat sebelum waktu berbuka.

Ajak si kecil untuk ikut mendekorasi kamarnya

Ajak si kecil untuk terlibat menciptakan kreasinya dalam mendekorasi rumah bernuansa Ramadhan . Misalnya, membuat gambar masjid dari kertas krep warna-warni, atau huruf-huruf kaligrafi yang menyiratkan perayaan Ramadhan. Ajak si kecil menempelkan hasil karya di dinding kamar tidurmya, lemari bajunya, atau meja belajarnya. Agar si kecil juga menjadi semakin rajin berdoa dan tertantang untuk mencoba belajar puasa.

Siap menyambut hari kemenangan

Salah satu hal yang juga paling menyenangkan dari Ramadhan adalah menyambut Hari Raya Idul Fitri. Ajak seluruh anggota keluarga untuk ikut terlibat dalam menyambut Idul Fitri. Selain berbelanja kebutuhan pangan untuk membuat aneka hidangan di Hari Raya, Anda pun bisa sekaligus berbelanja beberapa hal untuk mendekorasi beberapa ruang yang biasa dipakai di Hari Raya.

Seperti ruang tamu dan ruang makan untuk menyambut tetamu saat open house . Belilah gorden, taplak meja, atau perangkat makan baru agar suasana Hari Raya semakin segar dan hangat. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.