November 27, 2022
membersihkan rumah
Membersihkan rumah yang ditinggalkan dalam waktu lama

WARTAPROPERTI.COM | Meninggalkan rumah dalam waktu yang lama tentu saja akan memberikan Anda pekerjaan tambahan sekembalinya Anda dari bepergian. Juga dalam masa-masa ini ketika hari raya baru saja lewat dan Anda baru usai mudik. Rumah yang sudah ditinggalkan beberapa lama menimbun debu, sedang asisten rumah tangga (ART) belum kembali dari kampung halamannya.

Belum lagi baju kotor yang menumpuk. Lalu, masih ada tamu-tamu yang belum sempat bersilaturahim datang ke rumah. Anda juga pasti lelah karena perjalanan panjang dari kampung halaman dan tidak punya waktu banyak untuk membereskan kondisi rumah sementara sudah saatnya Anda harus masuk kantor.

Berikut ini 10 langkah membersihkan rumah usai ditinggal mudik:

1. Berbagi Tugas

Melakukan semua tugas sendiri, pasti akan merepotkan dan membuat Anda capek. Bagilah tugas rumah tangga dengan semua anggota keluarga. Dengan berbagi tugas, dan mengerjakannya bersama-sama, bukan saja Anda tidak capek, pekerjaan pun akan cepat selesai. Bekerja membersihkan rumah bersama juga bisa membuat keluarga lebih dekat, lho!

2. Bersihkan Kamar Tidur

Sebagai tempat Anda beristirahat, kamar tidur boleh dibersihkan terlebih dahulu. Anda tentu ingin bisa beristirahat dengan nyaman setelah lelah berjam-jam di perjalanan, bukan? Bersihkan debu-debu di kepala tempat tidur dan meja-meja di kamar tidur Anda. Kamar tidur yang bersih dan bebas debu akan membuat istirahat Anda lebih tenang.

Jika akan ada tamu yang berkunjung ke rumah, tentu Anda harus membersihkan ruang tamu agar tidak berantakan dan kotor saat tamu bertandang. Untuk mempercantik ruang tamu, taruh tanaman atau bunga di meja tamu. Jangan lupa taruh beberapa makanan ringan untuk disuguhkan pada tamu Anda.

4. Bersihkan Depan Rumah Anda

Setelah ditinggal lama, tentu saja depan rumah Anda akan kotor. Agar rumah Anda tetap terlihat cantik, bersihkan halaman depan rumah Anda bersama-sama keluarga, atau ART sementara. Pel teras Anda, potong rumput yang mulai meninggi bersihkan kaca jendela, agar rumah Anda tetap enak dipandang.

5. Taruh Barang di Tempatnya

Jangan biarkan rumah Anda berantakan. Jika Anda sudah memakai sesuatu, secepatnya taruh kembali di tempat asalnya. Ajarkan juga hal ini pada anak-anak Anda, agar mereka belajar bahwa barang mereka tidak akan rapi dengan sendiri. Dengan begini, Anda tidak akan melihat rumah Anda berantakan terlalu lama dan lebih dapat menjaga kerapian rumah Anda.

6. Gunakan Barang Seperlunya

Agar tidak banyak yang perlu dibersihkan atau dirapikan, gunakanlah barang-barang seperlunya. Ini termasuk alat-alat makan dan pakaian. Jangan terlalu sering mengganti gelas tempat Anda minum, dan saat Anda makan yang panas, jangan gunakan piring lain sebagai tatakan. Dengan begini, tidak banyak peralatan makan yang kotor. Selain itu, jangan terlalu sering berganti pakaian. Jika baju Anda belum kotor, jangan cepat-cepat dicuci, Anda bisa menggantungnya dulu untuk dipakai di lain waktu.

7. Menggunakan Jasa Pembersih Rumah

Sekarang ini banyak orang yang kreatif yang membuka usaha yang tidak terpikirkan sebelumnya. Salah satu usaha ini adalah jasa membersihkan rumah. Anda bisa menyewa jasa mereka, terutama jika ART Anda mudik dalam waktu yang cukup lama. Jasa membersihkan rumah ini bisa Anda hubungi, mereka akan datang dan membersihkan rumah Anda dengan sangat detil dan meninggalkan rumah Anda dengan sangat rapi. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.