December 3, 2022

WARTAPROPERTI.COM | Pernah mendengar kisah menyeramkan tentang rumah hantu di sekitar Anda? Ternyata kisah-kisah yang kerap dianggap irasional itu bukan isapan jempol belaka. Jika dunia mengakui fakta ini sebagai sebuah kebenaran, lantas masah adakah alasan untuk Anda tidak memercayai hal-hal seperti ini? Jika di Jakarta pernah tersiar kabar mengenai rumah hantu di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan yang pada 2006 telah diangkat menjadi kisah film layar lebar, berjudul Rumah Hantu Pondok Indah.

Nah, bagaimana dengan kisah-kisah rumah hantu lain yang tak kalah seramnya untuk tingkat dunia? Berikut ini 12 bangunan yang disebut juga rumah hantu paling menyeramkan di dunia:

Chelsea Hotel, New York City, AS
Chelsea Hotel, New York City, AS

The Chelsea Hotel, New York City, Amerika Serikat :  Nama ini begitu kondang di seantero New York City lantaran dikenal sebagai sebuah landmark para hantu di kota itu. Bangunan ini didirikan pada 1884 dan selain menjadi rumah yang dihuni para hantu, tempat ini juga telah menjadi rumah bagi banyak terkenal penulis, musisi dan seniman ternama selama bertahun-tahun. Meskipun banyak dari penghuni yang paling terkenal telah meninggal dunia, pengunjung mengklaim telah melihat penampakan sejumlah diantara mereka yang pernah tinggal di rumah ini yakni penulis Dylan Thomas, dramawan Eugene O’Neill dan novelis Thomas Wolfe.

Winchester Mystery House, San Jose, California: Adalah sebuah rumah mewah atau mansion dengan 160 kamar yang penuh dengan fitur arsitektur aneh yang sangat menakutkan. Mansion ini memiliki sejumlah fitur seperti lorong-lorong rahasia, lorong-lorong berliku dengan labirin dan ruang pemanggilan arwah. Rumah eksentrik ini dikabarkan telah dibangun sendiri oleh roh-roh halus tersebut.

The Amityville Rumah, Long Island, New York, AS: Pada tahun 1974, enam anggota keluarga DeFeo telah ditemukan terbunuh di rumah ini. Putra sulung Ronald DeFeo Jr kemudian dihukum karena terbukti telah membunuh orang tua dan saudara-saudaranya. Setahun kemudian, keluarga Lutz pun masuk dan tinggal di rumah ini tetapi dengan cepat pindah lagi setelah mendengar laporan dan analisa paranormal terhadap sejarah rumah itu, serta aroma bau aneh disertai udara dingin serta penampakan binatang babi yang terlihat seperti setan.

The Cassadaga Hotel, Florida, AS : Kota Cassadaga terkenal di seluruh dunia sebagai basisnya kaum spritualis dan sentra aktivitas paranormal. The Cassadaga Hotel terletak di pusat kota kecil ini, yang dihiasi dengan sebuah pondok tua yang merupakan rumah bagi banyak media, paranormal dan spiritualis lainnya yang tinggal di sana. Hotel, yang juga menjadi rumah bagi sejumlah roh itu, juga dilengkapi dengan pusaran energi yang sangat kuat yang bahkan kaum skeptis yang datang ke sini telah mengaku bahwa mereka pun merasakan pusaran energi itu.

The White House, Washington DC, AS: Selama bertahun-tahun ada laporan bahwa Gedung Putih adalah sarang aktivitas para hantu atau makhluk halus. Pengunjung, staf dan bahkan penduduk di sekitar White House telah melaporkan, melihat hantu Abraham Lincoln, Abigail Adams dan Andrew Jackson. FDR, Dwight Eisenhower dan Winston Churchill adalah di antara mereka yang mengaku telah melihat hantu Abraham Lincoln. Baru-baru ini, keluarga Obama mengklaim telah mendengar suara aneh berulang kali dan merasakan sensasi  seolah-olah ada makhluk yang sedang menggerogoti kaki mereka di tengah malam.

Myrtles Plantation, Louciana, AS: Disebut-sebut sebagaisalah satu rumah paling berhantu di Amerika,” Myrtles Plantation di St. Francisville adalah salah satu tempat paling menyeramkan di Selatan. Legenda mengatakan bahwa sejak rumah itu dibangun pada 1797, puluhan kematian terjadi akibat penyakit, keracunan dan pembunuhan. Pengunjung dan mantan warga mengklaim telah menyaksikan banyak kejadian aneh: perhiasan di tubuh mereka yang menghilang; bangun tidur dan menemukan diri mereka terselip di sisi tempat tidur mereka; furniture yang bergerak sendiri; sebuah grand piano  berbunyi sendiri tanpa ada yang memainkannya; cetakan tangan misterius; juga benda maupun orang-orang yang muncul dan menghilang secara acak dalam foto.

The Joshua Ward House, Washington Street in Salem, Massachusetts, AS: Setelah pensiun dari pekerjaannya sebagai kapten kapal, Joshua Ward yang kaya raya itu membangun Joshua Ward House pada 1784 dan awalnya dimiliki oleh George Corwin, seorang sheriff yang kemudian mengalami secara langsung mengalami ujian sihir di rumah ini. Corwin pun meninggal di rumah ini dan selama bertahun-tahun, hantu Corwin ini menghuni ruang bawah tanah, meskipun akhirnya hantu ini pindah ke sebuah kuburan di dekatnya. Rumor mengatakan bahwa semangat Corwin masih menghantui rumah itu hingga saat ini.

The LaLaurie House, New Orleans, AS: Ini adalah salah satu rumah hantu di French Quarter. LaLaurie Mansion adalah rumah yang pada awalnya dimiliki oleh Dr. Louis dan Delphine LaLaurie, sebuah keluarga terkemuka di tahun 1830-an awal. Rumor mengatakan bahwa Delphine memperlakukan budak dengan brutal, mengikat mereka seperti binatang, mengejar seorang hamba lain dengan cambuk dan ini pula yang  menyebabkan hamba ini menjemput kematiannya. Sang nyonya rumah ini pun menyiksa dan memutilasi banyak orang lain di ruang loteng rahasia. Rumah, yang dimiliki oleh aktor Nicolas Cage dari 2007 sampai 2009, telah dihantui oleh jeritan penderitaan yang berasal dari penampakan budak Delphine.

Franklin Castle, Ohio City, AS: Dibangun pada tahun 1865 untuk keluarga Tiedemann, Franklin Castle telah menghadirkan kesan pertama yang seram dengan eksterior batu pasir, sebuah menara sudut berbentuk bulat dan hiasan gargoyle. Mereka yang telah berada di dalam rumah, mengaku telah menyaksikan seorang wanita menakutkan hitam menatap ke luar jendela menara, anak-anak kecil menangis dan kejadian aneh seperti engsel pintu yang terbang  dan lampu berputar. Muasalnya diketahui bahwa empat dari anak-anak Tiedemann meninggal di rumah ini, dan pemilik Hannes Tiedemann dikabarkan telah membunuh keponakan berusia 13 tahun dan gundiknya di rumah ini.

The Whaley House, San Diego, California, AS: Rumah ini telah berubah menjadi sebuah museum yang dijalankan oleh Heritage Organisasi Save Our San Diego. Whaley House telah ditunjuk oleh US Department of Commerce pada tahun 1960 sebagai sebuah rumah hantu,  karena para pengujung sering mendengar langkah kaki berat hantu “Yankee Jim” Robinson, yang tewas digantung pada tahun 1852 sebelum rumah itu dibangun. Penampakan hantu lainnya termasuk pemilik Thomas dan Anna Whaley (Anna dilaporkan dilihat oleh Regis Philbin), dan bahkan anjing keluarga.

The Lemp Mansion, St. Louis, Missouri, AS: Adalah sebuah rumah mewah yang dibangun di St Louis pada 1860-an, dan mulanya dihuni oleh keluarga William Lemp. Keluarga pengusaha bir yang kaya ini kemudian secara beruntun bunuh diri.  Empat anggota keluarga Lemp dari berbagai generasi bunuh diri – tiga diantaranya bunuh diri di rumah ini. Disebut sebagai salah satu rumah paling berhantu di Amerika pada tahun 1980 oleh majalah Life, rumah yang saat ini menjadi sebuah restoran ini juga menawarkan jasa penginapan untuk wisata paranormal.

Villisca Ax Murder House, Iowa, Canada: Pada tanggal 12 Juni 1912, enam anggota keluarga Moore dan dua tamu muda ditemukan dipukul sampai mati oleh seseorang dengan menggunakan kapak di rumah itu. Pelaku pembunuhan tidak pernah ditemukan, tapi di dalam rumah di Villisca itu masih berkeliaran roh, suara anak-anak menangis dan pintu  misterius yang membuka dan menutup sendiri. Saat ini, rumah itu terbuka untuk wisata di siang hari dan Anda juga bisa menginap di malam hari – tentu jika Anda berani. (FL/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.