December 6, 2022

Hunian di Bintaro Jaya, masih tersedia apartemen seharga Rp300 juta.

WARTAPROPERTI.COM | Banyak pengembang yang masih memiliki kewajiban untuk membangun hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah sebagaimana aturan yang berlaku. Nah, dalam rangka membayar utang hunian berimbang, pengembang Bintaro Jaya, PT Jaya Real Property Tbk (JRP) membangun rumah susun milik (rusunami). Pengembang mematok harga per unit mulai dari Rp300 juta dengan total 7 menara di atas lahan 1,8 hektar di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Jika dibandingkan dengan produk-produk Jaya yang lainnya, harga Rp300 juta tergolong jauh lebih terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Namun, bila dibandingkan dengan produk rusunami lain dengan target MBR, harga Rp300 juta tergolong tinggi. Hal yang dapat dimaklumi, lantaran proyek ini hadir di kawasan Bintaro yang harga lahannya pun sudah tinggi.

Direktur Jaya Real Property Kristianto Indrawan, kepada wartawan di Jakarta akhir pekan lalu mengatakan, proyek ini sudah dipasarkan sejak 2015 dan setiap tahun, perusahaan berupaya untuk membangun satu menara sampai 7 tahun mendatang. Proyek rusunami ini diprediksikan menelan nilai investasi Rp 100 miliar per satu menara.

Saat ini pengembang sedang memasarkan unit dari menara pertama yang sudah dipasarkan sejak awal tahun 2016. Targetnya, semua unit di menara pertama rusunami bisa habis terjual hingga akhir tahun. Saat ini, penjualan sudah mencapai 90 persen.

“Proyek ini adalah salah satu komitmen perusahaan dalam aturan hunian berimbang,” ungkap Kristianto lagi.

Sebagaimana diketahui, kewajiban pengembang ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan perumahan dan Kawasan Permukiman. PP tersebut adalah turunan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2011 tentang perumahan dan Kawasan Permukiman. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.