December 6, 2022
Sofyan Djalil, Menteri Agraria dan Kepala Badan Pertanahan Nasional
Sofyan Djalil, Menteri Agraria dan Kepala Badan Pertanahan Nasional

WARTAPROPERTI.COM | Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) merupakan salah satu lembaga publik yang dinilai jelek kinerjanya. Hal ini pernah disampaikan oleh Center for Urban Development Studies (CUDES) melalui media ini. Akhir pekan lalu, Menteri ATR/BPN baru, Sofyan Djalil, telah mendapatkan kesimpulan setelah selama beberapa pekan, ia berupaya untuk memetakan kekurangan layanan ATR/BPN selama ini.

“Hari ini saya sudah dapat gambaran. Kami akan lakukan reformasi total untuk membuat bisnis lebih mudah, ada kepastian hukum, lebih cerpat pelayanannya, dan responsif terhadap keluhan,” ujar Sofyan saat seminar Tax Amnesty & Property Investment, di Grand Ballroom Kempinski, Grand Indonesia, Jakarta, Jumat(19/8/2016).

Menurut Sofyan, masalah utama yang merundung Kementerian ATR/BPN antara lain, lambatnya proses sertifikasi. Tanah di Indonesia yang sudah disertifikasi baru sebanyak 60 persen, namunĀ itu pun tidak pasti alias masih bermasalah. Artinya, bisa jadi pekerjaan kementerian ini selama negara ini berdiri hanya mampu mensertifikasi secara baik, kurang dari 50% lahan yang ada di negeri ini.

Bahkan Jakarta yang menjadi ibukota negeri ini pun, ketidakpastian legalitas tanah masih sangat rendah. Meski diketahui sebanyak 70 persen tanah sudah bersertifikat namun tak ada jaminan kepastiannya. Pasalnya, “Banyak dari lahan bersertifikat itu yang masih bermasalah sehingga tidak ada kepastian,” sebut Sofyan. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.